Jumat, 12 Desember 2008

Supplemental result

Supplemental result adalah hasil pencarian yang dianggap tidak penting oleh google. Biasanya karena isinya sama atau mirip dengan situs lain. Jika jumlah supplemen result lebih dari 10 %, maka situs anda harus mengambil langkah radikal untuk menguranginya. Karena pengaruhnya sangat besar pada hasil pencarian google, juga pada page ranking-nya.
Kemarin aku buka salah satu blog punyaku yang PR-nya 1. Tapi aku kaget karena saat aku buka ternyata PR-nya jadi N/A atau turun 2 tingkat. karena penasaran aku coba cari penyebabnya. Dan ketahuan bahwa biang masalahnya adalah duplicate content. banyak halaman blog ku masuk dalam supplemental result dari google. dampak dari masalah ini adalah turunnya ranking google sekaligus berpengaruh pada hasil pencarian google (search engine result page). Inilah mengapa blog saya belakangan ini tak terlihat di halaman daftar pencarian google. Meski tidak dihapus dari daftar, tapi halaman yang dicurigai sebagai duplikat alias copian atawa tidak original akan masuk supplemental result. Biasanya baru akan tampil di daftar pencarian setelah halaman normal tampil. jadi paling belakang deh...
Untuk menghindari supplemental result maka posting anda harus original. Bila sudah terlanjur maka ada 3 alternatif: hapus halaman itu, memodifikasinya sedemikian rupa sehingga tidak sama persis dengan isi situs lain atau dapat me rel=nofollow kan page tersebut sehinga Google bot tidak ikut meng crawal halaman itu.
Untuk melihat seberapa banyak supplemental result di situs anda klik: http://www.seologs.com/supplimental-results-check.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar