Minggu, 04 Januari 2009

Keutamaan hari Asyura

Tak terasa sudah masuk tahun baru, baik hijriah yang berbasis pada perhitungan bulan, dan masehi yang berbasis pada perputaran matahari. Tahun baru hijriah dihitung mulai dari hijrahnya Nabi Muhammad dari Makkah ke Yatsrib/Madinah. Dimulai dari bulan Muharram, satu dari 4 bulan suci (rajab, dzulqa'dah, dzulhijjah, muharram). Pada bulan suci seharusnya tidak ada peperangan, tapi kenyataannya saat ini terjadi serangan besar-besar oleh Israel ke jalur Gaza yang dikuasai hamas. Sebuah holocaust baru di tahun yang baru. Sebagai orang yahudi tentu mereka tahu bahwa berbuat keji di bulan suci akan mendapat hukuman berlipat ganda. demikian pula bila berbuat kebaikan, pahalanya juga akan dilipat-gandakan.
....

Di bulan Muharram atau suro, ada satu hari yang istimewa yaitu hari asyura, hari ke 10. Banyak riwayat yang menyebutkan bahwa pada hari asyura ini terjadi banyak peristiwa penting berkenaan dengan para nabi. Misalnya dikeluarkannya Yunus dari perut ikan, diselamatkannya Ibrahim dari kobaran api. Juga diselamatkannya Musa dari Firaun, hal ini membuat kaum yahudi setelahnya selalu berpuasa pada hari itu.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, beliau berkata, rasullah saw datang di Madinah lalu beliau menemukan orang-orang yahudi sedang berpuasa hari asyura. Beliau bertanya pada mereka mengenai hal itu. lalu mereka berkata:"Sesungguhnya pada hari ini Allah memenagkan Musa dan Bani Israil atas firaun dan tentaranya. Maka kami berpuasa hari ini untuk mengagungkannya."
Nabi salallahu'alaihi wassalam berkata:"kami adalah orang-orang yang lebih berhak dengan Musa dari pada anda". lau beliau memerintahkan untuk berpuasa.

Nabi salallahu'alaihi wassalam berkata:"berpuasalah anda sebelum dan sesudahnya satu hari dan berbedalah anda dengan orang-orang yahudi." yaitu orang2 yahudi hanya berpuasa pada hari ke 10 saja. Maka kita diminta untuk berpuasa pada hari ke 9 dan 10, 10 dan 11 atau 9,10,11.
Puasa tiga hari ini (9,10,11) adalah yang terbaik.

Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah, ia berkata:"Rasullah salallahu'alaihi wassalam bersabda,'Puasa yang paling utama setelah puasa ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram. shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat tahajjud.'"

Muslim meriwayatkan dari Abu Qatadah, bahwa rasullah salallahu'alaihi wassalam pernah ditanya tentang keutamaan puasa hari 'asyura' beliau berkata:'Menghapus dosa satu tahun yang telah berlalu'

Selain itu hal yang tak kalah penting adalah berbuat baik pada hari ke 10 itu.
Imam Baihaqi meriwayatkan dalam syu'abil Iman, "Barangsipa yang membuat kelapangan atas keluarga dan istrinya pada hari asyura, Allah akan melapangkanpadanya dalam sisa waktu setahunnya."
Dalam riwayat At tabrani dikatakan, Nabi salallahu'alaihi wassalam bersabda:"Sedekah satu dirham pada hari Asyura dengan tujuh ratus ribu dirham."

Oleh karena itu, mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan di tahun yang baru ini. Jika awal tahun baru diisi dengan kebaikan mudah-mudahan sisa hari di tahun ini akan penuh dengan kebaikan.

2 komentar:

  1. salam,
    sbgi makluman...saya sdg mncari artikel ttg hari asyura. Maka, saya terjumpa artikel ini. Dengan rendah diri, saya trigin utk mengambil intipati artikel ini.... Demi menyakinkan teman-teman untuk menggalakkan berpuasa pada tarikh tersebut....terima kasih....

    BalasHapus