Sabtu, 25 April 2009

Push E-mail dengan BlackBerry Connect



Saat ini BlackBerry buatan Research In Motion (RIM) sangat digemari di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Salah satu alasannya adalah adanya layanan push e-mail. Push e-mail membuat penggunanya dapat menerima e-mail di handset layaknya menggunakan sms biasa. Keuntungan utama dari teknologi push e-mail adalah penghematan sumber daya (khususnya baterai) dan tidak perlu repot membuka dan mengecek apakah ada e-mail masuk atau tidak.

Namun harga BlackBerry saat ini yang relatif mahal membuat hanya sebagian kecil orang yang sanggup membelinya. Sebagian lagi berharap suatu saat nanti harga BlackBerry turun. 
Tak adakah alternatif ? Sebenarnya ada. Saat ini beberapa ponsel dapat memiliki layanan push email seperti BlackBerry. Beberapa handset non-BlackBerry dapat memakai teknologi BlackBerry connect. Pada ponsel-ponsel keluaran terbaru biasanya menyertakan label BlackBerry Connect berwarna biru. Berarti ponsel tersebut mendukung aplikasi push e-mail ala BlackBerry. 

BlackBerry Connect (BB Connect) adalah sebuah teknologi dan sotfware dari BlackBerry yang membuat pengguna non-BlackBerry dapat menikmati fasilitas push e-mail. BB Connect saat ini dapat digunakan di sebagian merk ponsel,smartphone, dan PDA phone seperti Nokia, SonyErickson, HTC, dan Palm.

Jika anda ingin menggunakan aplikasi ini, ada beberapa hal yang harus anda ketahui, yaitu biaya, layanan, attachment (lampiran).
Biaya
Saat ini biaya langganan BB Connect sedikit lebih mahal dibandingkan pengguna handset BlackBerry. Misalnya biaya pengguna BlackBerry Rp. 150.000/bulan, maka pelanggan non-BlackBerry (dengan BB Connect) bisa mencapai Rp 175000.
Layanan
Layanan yang diberikan provider sebatas push-email. Untuk browsing dan chatting akan dikenai biaya koneksi GPRS.
Attachment
Attachment dalam sebuah e-mail dibatasi maksimum 32Kb.

Tertarik ?
Jika anda tertarik dengan layanan ini, berikut caranya.
Download software BlackBerry Connect di http://www.bbgeeks.com/BBConnect
selanjutnya, pilih aplikasi yang sesuai sistem operasi ponsel anda. Lalu instal di hp, buka BBConnect, dan anda bisa lihat kode PIN dan IMEI yang ada.
Daftarkan ponsel ke penyedia layanan bisa XL, Indosat, atau Telkomsel. Setelah ponsel terdaftar dan anda telah mengaktifkan sesuai petunjuk operator, restart ponsel anda, kemudian baru daftarkan alamat e-mail yang akan anda pakai. Sebaiknya cari tahu dulu layanan dan biaya yang ditawarkan oleh masing-masing operator karena bisa jadi berbeda.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar