Kamis, 18 Juni 2009

Twitter

Satu lagi karya kreatif lahir dan menuai sukses besar setalah sekitar 2 tahun diluncurkan : Twitter. Twitter adalah situs jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan up-date berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Meski berita yang disampaikan terbatas tapi ada tautan/link yang bisa dipakai menuju ke situs tertentu. Apalagi kisah yang menyertainya tidak main-main. Seperti tertolongnya beberapa pendaki setelah mengirim pesan darurat via twitter. Atau 'dikembailkannya' sepeda milik Lance Amstrong, pembalap yang merajai tour de france, setelah disebarluaskan via twitter. Mungkin pencurinya takut gak ada yg beli dan malah dilaporkan ke polisi, jadi memilih aman dengan mengembalikannya kepada pemiliknya.
Itulah beberapa 'kehebatan' twitter yang memang lagi in di Amerika. Saya sendiri pernah mencoba layanan gratis ini. Saat akun Lycos gratisan saya tidak bisa dibuka dan disuruh up-grade dengan membayar sejumlah uang dan saya tolak, saya pun mencari info nya via twitter. Dan ternyata tidak hnya saya yang gak bisa buka akun. Banyak orang yang sudah menuliskan kekesalannya di twitter. Dan keesokan harinya saya buka akun Lycos, dan ternyata berhasil masuk. entah kemarin ada masalah teknis atau takut karena banyak orang yang kesal dan menyebarluaskannya.
Apapun itu, jika ingin mencari kabar terbaru dari teman atau jaringan anda, atau apa-pun yang sekiranya tidak bisa anda dapatkan dari situs berita, carilah di twitter. Seperti info terbaru dari Iran pasca pilpres bisa ditemukan di twitter. Bahkan disebut-sebut dengan twitter lah oposisi berbagi berita setelah akses via sms dan telepon dibatasi.
Tak pelak, kesuksesan Twitter ini membuat banyak situs lain meniru konsepnya, ada yang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar