Kamis, 16 Juli 2009

Influenza A

Akhirnya flu babi (Influenza A/Flu Meksiko/H1N1) masuk juga ke Indonesia. Memang sangat sulit untuk membendung penyebaran virus yang tampaknya sudah bisa menular dari manusia ke manusia. Di zaman sekarang mobilitas manusia sangat tinggi, dari satu negara ke negara lain. Meski harus diakui, kebanyakan pasien suspect flu babi berasal atau baru saja pulang dari luar negeri.

Jadi lebih baik tidak usah berlibur ke luar negeri dulu. Kalau terpaksa harus pergi ke luar negeri, pakailah selalu masker. Meski mungkin akan terlihat aneh dan tidak nyaman, tetapi demi kesehatan tubuh. Apalagi, influenza A ini lebih cepat dan mudah menular daripada flu biasa.

Di Jogja, bahkan 4 dokter specialis yang baru saja pulang dari Korea positif mengidap H1N1. Ada juga yang baru pulang dari Amerika terbukti positif. Termasuk orang yang merawatnya. Ada juga WNA suspect flu babi bebas bergerak di dalam kota. Atau ada juga pasien yang diperbolehkan pulang, baru kemudian diketahui positif flu babi. 

Bagaimanapun juga, flu babi sudah menjadi KLB di beberapa negara. Pemeriksaan kesehatan di jalur masuk, seperti bandara harus diperketat. Tidak hanya WNA saja, tapi juga WNI yang baru pulang dari luar negeri. Jangan sampai penderita flu babi ini berjalan-jalan dengan bebas karena akan membahayakan dirinya dan juga orang-orang disekitarnya. Apalagi di lingkungan yang kurang bersih.

Sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Karena tubuh yang sehat akan sulit terinfeksi virus. Saat kondisi tubuh menurun, virus akan mudah menyerang. Minum vitamin c atau suplemen bila perlu. Akan lebih baik jika mengkonsumsi buah dan sayuran serta banyak minum air putih.

Meski tingkat kematian akibat flu babi masih kecil (dibanding flu burung atau demam berdarah) tapi perlu penanganan yang serius. Karena akan berpengaruh pada kegiatan ekonomi, khususnya pariwisata. 

1 komentar:

  1. aduh ....menakutkan bangeddd...apalagi berita tentang flu babi yg uda masuk indo....mesti ati2 nih

    BalasHapus