Jumat, 21 Agustus 2009

Selama Datang wahai Bulan yang penuh Kemuliaan

Tak terasa besok pagi, Sabtu 22 agustus kita sudah kembali menjalankan ibadah puasa fardhu. Nanti malam setelah matahari terbenam, kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan 1430 H. Banyak kegiatan yang dilakukan masyarakat dalam menyambut bulan Ramadhan. tapi mungkin yang paling banyak (khususnya di Jawa) adalah ritual padusan, mandi wajib. Meski banyak 'penyalahgunaan' acara ini. Padusan yang berarti mandi, yaitu membersihkan tubuh mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki, dilakukan bersama-sama di tempat yang sama pula antara laki-laki dan perempuan, misal di pantai,sungai atau kolam renang. Jelas bukan sesuatu yang baik..

Atau mungkin, pergi ke pasar memborong kebutuhan selama ramadhan. Jangan heran kalau harga sembako naik. Harga bawang bahkan naik dua kali lipat. Sangat aneh, bulan puasa dimana seharusnya tingkat konsumsi individu muslim berkurang, justru harga-harga naik karena konsumsi masyarakat meningkat :(

Atau pergi ke pasar Tanah Abang beli baju gamis Manohara atau Pasha Ungu. Bisa untuk pergi tarawih atau sekalian buat lebaran.

Atau, jika anda dekat dengan kota Sidoarjo pergi saja ke Convention Hall Sunsity Mall, Sidoarjo. Disana mulai tanggal 14 Agustus-24 September 2009 mendatang diadakan pameran barang-barang peninggalan Rasullah saw "The Greatest Sword of Prophet Muhammad SAW". Diantaranya 6 buah pedang (dari 9 pedang yang dimiliki NAbi saw), sandal yang digunakan saat perang badar, tongkat yang digunakan saat berkhotbah, busur panah, serta cetak telapak kaki nabi saw.

Apapun acaranya, mari bersihkan diri kita, jiwa raga kita, hati dan pikiran kita mulai saat ini sampai batas kemampuan kita menjaga kebrsihannya di masa datang :)

Mari bersegera mendapatkan rahmat dan ampunanNya di bulan puasa ini. “Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu, dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa”. (Al ‘Imran(3): 133)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar