Rabu, 02 September 2009

Gempa Tasikmalaya

Hari ini, tepatnya pukul 14.55 wib sebagian pulau Jawa digoyang gempa besar. Pusat gempa dilaporkan berada di 142 km barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat dengan kekuatan 7,3 skala richter dan kedalaman 30 km. Karena kekuatannya yg 7,3 SR dan berada di laut maka BMKG mengeluarkan peringatan potensi tsunami yang mungkin terjadi.

Gempa ini juga saya rasakan cukup kuat di Jogja. Saya pikir ini gempa dari selatan Gunung kidul, atau Bantul. Tapi 10 menit kemudian muncul peringatan dini tsunami di metrotv berkenaan dengan gempa ini. Ada juga laporan gempa terasa sampai Tegal, Solo dan Semarang.
Di Jakarta, khususnya karyawan di gedung-gedung bertingkat panik. Gempa yang kuat terasa, apalagi di lantai atas membuat goyangan gempa sangat terasa. Bahkan BMKG Bali mengatakan gempa juga terasa di Bali dengan skala II MMI.

Gempa di Tasikmalaya ini juga sempat menggangu akses telekomunikasi di Bandung dan sekitarnya. Telepon dan sms terganggu. Beberapa rumah di Perum Cisalak Kota Tasikmalaya dilaporkan mengalami retak dan ada yang ambruk. Tembok/pagar rumah ada yang roboh. Akses komunikasi ke Tasikmalaya juga terganggu. sepertinya kota Tasik merupakan kota yang merasakan dampak gempa paling besar.

Meski ada laporan tsunami kecil di Pelabuhan Ratu, peristiwa gempa kali ini saya harap tidak sampai merenggut banyak korban jiwa. Semoga masyarakat di wilayah yang terkena gempa dapat bersabar atas peristiwa yang menimpa. Dan bagi kita, saya pikir bulan ramadhan adalah saat yang tepat untuk berbagi..memberi bantuan bagi mereka yang ditimpa kesusahan...

2 komentar:

  1. [...]Ketika Gempa, Jangan Turun Lewat Tangga - Saat terjadi gempa, biasanya warga Jakarta yang berada di gedung-gedung pencakar langit langsung berhamburan menuju tangga darurat untuk turun ke halaman. Kebiasaan ini ternyata tidak benar. Sebab, tangga adalah bagian dari gedung yang paling tidak tahan gempa alias paling mudah runtuh[...]

    BalasHapus
  2. iya tuh ada yg keinjek2 segala...menurutku, saat ada gempa, berlindung dulu, jauhi kaca dan benda2 yg mudah jatuh dan pecah, serta jauhi instalasi lisrik. setelah gempa selesai baru keluar ruangan menuju ke tempat lapang..

    BalasHapus