Selasa, 23 Maret 2010

Manfaat Air Kelapa

Air kelapa sangat baik bagi kesehatan. Tidak hanya menghilangkan haus, tetapi dapat memberi nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Tak salah bila ibu hamil disarankan untuk minum air kelapa, khususnya kelapa muda yang rasanya lebih enak. Air kelapa sangat menyehatkan,dan lebih menguntungkan bagi wanita hamil.

Air kelapa mengandung banyak nutrisi dan zat gizi yang memiliki tingkat yang sama dengan keseimbangan elektrolitik dalam darah kita. Air kelapa juga steril secara alami karena terlindung kulit yang tebal dan solid.

Berikut beberapa manfaat air kelapa bagi kesehatan tubuh, khususnya bagi wanita hamil.

1. Air kelapa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan air kelapa kaya asam laurat yang digunakan tubuh untuk menghasilkan monolaurin yang dapat memerangi penyakit asam lemak turunan. Asam laurat dapat menjadi anti bakteri, anti virus dan anti jamur. Kandungan seperti itu akan sangat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu dan pertumbuhan janin, dan dapat mencegah terjadinya infeksi virus flu, HIV, herpes, dan lainnya.

2. Air kelapa berasal dari sumber alami dan aman untuk tubuh, melancarkan pencernaan, dan mengandung bahan kimia yang kaya akan elektrolit.

3. Air kelapa ringan, karena satu cangkir air kelapa hanya mengandung 46 kalori dan bahkan dapat membantu dalam penurunan berat badan. Air kelapa sendiri 95 persennya adalah air. Air kelapa juga bebas lemak dan dikenal sebagai minuman non-kolesterol. Beberapa studi telah melaporkan, bahwa air kelapa juga memiliki efek positif untuk menaikkan tingkat HDL (High-density lipoprotein), yaitu kadar kolesterol yang baik dalam tubuh. Hal ini dapat membantu menjaga kadar kolesterol.

4. Air kelapa adalah minuman isotonik alami. Ini membantu dalam pengisian cairan dan hilangnya garam alami yang dilepaskan oleh tubuh. Oleh karena itu air kelapa dapat mencegah dehidrasi dan kelelahan.

5. Air kelapa dapat membantu mencegah dan mengobati mulas. Air kelapa secara efektif membantu membersihkan usus dan saluran pencernaan. Hal ini dapat meringankan wanita hamil dari rasa mulas dan sembelit. Selain itu juga disarankan dikonsumsi oleh orang yang menderita bisul.

6.Sebagian besar wanita menderita urinary tract infection (UTI/infeksi saluran kemih). Air kelapa menjadi diuretik alami yang membantu meningkatkan aliran dan frekuensi urin. Dengan demikian, air kelapa dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh dengan mudah, sehingga dapat mencegah infeksi saluran kemih dan timbulnya batu ginjal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar