Rabu, 07 April 2010

Gempa Sumatra

Gempa besar kembali di rasakan masyarakat Indonesia, khususnya yang bermukim di pulau Sumatra. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mencatat kekuatan Gempa adalah 7,2 SR berpusat di Pulau Sinabang, Nanggroe Aceh Darussalam. Sementara United States Geological Survey (USGS) mencatat kekuatan gempa sebesar 7,7 SR. Pusat gempa berada di 2.360° lintang utara, 97.132° bujur timur sekitar 75 km tenggara Sinabang, dengan kedalaman 34 km. Gempa yang terjadi pada Rabu (7/4/2010), pukul 05.15 pagi terasa hingga daerah pesisir Riau di Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis dan Rokan Hilir.


Dilaporkan guncangan gempa juga sangat terasa di kota Medan. Masyarakat berhamburan ke luar rumah ketika gempa yang berlangsung hingga sekitar dua-tiga menit itu terjadi, termasuk para tamu di sejumlah hotel juga berhamburan menyelamatkan diri.

Gempa berkekuatan di atas 7 SR di Sumatera ini memicu pemerintah Indonesia dan Thailand memberlakukan siaga tsunami. Tapi syukurlah tsunami tidak lagi terjadi seperti pada 2004.

Semoga gempa kali ini tidak menimbulkan korban jiwa.

1 komentar:

  1. semoga tidak terjadi lagi gempa2 susulan... amin...!!!!

    BalasHapus