Senin, 10 Mei 2010

Free Shoutbox

Setelah sekian lama embun pagi menggunakan shoutmix sebagai layan pesan singkat dan buku tamu, kini saatnya bagi saya untuk melakukan penyegaran dengan menggantinya dengan tampilan baru dari free-shoutbox.net. Beberapa waktu ini, saya tidak terlalu senang dengan kinerja shoutmix yang ada di blog saya ini. Masalahnya adalah alamat blog (url address) dari tamu blog ini kadang aktif kadang tidak. Jika aktif, saya tinggal klik dan blog anda akan terbuka di new tab. Tapi jika tidak aktif, saya terpaksa harus meng-copy-paste url anda ke tab baru. Sesuatu hal yang sangat tidak perlu. Beruntung jika alamat url-nya tampil lengkap, jika tidak tentu saya tidak bisa berkunjung balik.

Jika saya lihat url shoutmix, disana ada www5.shoutmix.com sedangkan di blog coretan perantau saya lihat www6.shoutmix.com dengan tampilan yang lebih baik. Beda angka 5 dan 6 saja.

Mulai saat ini saya ganti shoutmix di blog embun pagi ini dengan http://www.free-shoutbox.net/ Meski ada Cbox yang saya tahu bagus dan stabil kinerjanya, tapi saya ingin mencoba sesuatu yang baru. Jadi saya gunakan free-shoutbox saja. Meski bagi anda pengguna shoutmix dan cbox, akan sedikit kesulitan saat pertama pakai.

Hal ini terjadi karena letak message box berada di baris ketiga atau setelah nama dan url, tapi di free-shoutbox ini message box berada di tengah, atau baris kedua. Jadi setelah anda tulis nama lalu tulis pesan, baru masukan url blog anda.

Ada lagi feature date and time. Bisa ditampilkan bisa juga dihilangkan. Sayangnya, penunjuk waktu (hour/min/sec) menggunakan waktu international. Jadi jika anda menulisnya pagi, bisa jadi jam nya tampil malam. saya belum tahu dimana tempat mengedit info jam ini.

Hal yang menarik bagi saya adalah, free-shoutbox.net mengijinkan penggunakan lebih dari satu shoutbox untuk satu akun. embun pagi adalah shoutbox kedua saya dan mungkin akan buat lagi untuk blog saya yang lain. Penggunaannya sangat mudah dan kita bisa menghapus tiap shout yang tidak kita sukai. Dan lagi kita dapat mengetahui Ip address dari tiap tamu melalui akun kita.

Jadi, silakan diisi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar