Rabu, 07 Juli 2010

Selamat jalan AT Mahmud

Setelah beberapa waktu lalu kita berduka dengan kepergian seorang maestro keroncong,Gesang, yang lagu bengawan solo-nya sangat digemari oleh masyarakat Jepang, kini kita pun kehilangan sesosok maestro yang mengabdikan dirinya untuk menyenangkan hati anak-anak dengan membuatkan mereka lagu. Anda mungkin ingat lagu 'Pelangi-pelangi','Ambilkan Bulan bu', 'Awan Putih','Main Ayunan' atau 'Amelia.' itulah sedikit lagu dari ratusan karya AT Mahmud.

Kini AT Mahmud telah dipanggil menghadap kehadirat-Nya. AT Mahmud wafat dalam usia 80 tahun, Selasa (6/7/2010) jam 13.00 WIB. AT Mahmud menderita sakit paru-paru dan sempat dirawat di rumah sakit.

Nama asli beliau adalah Abdullah Totong Mahmud dan lahir di Palembang, Sumatera Selatan pada 3 Februari 1930. Mahmud anak kelima dari sepuluh bersaudara dari Masayu Aisyah dan Masagus Mahmud.

Lagu-lagu beliau sangat sederhana dan disukai anak-anak. Dan atas pengabdiannya, AT Mahmud menerima Tanda Kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma dari Pemerintah. Penghargaan Lifetime Achievement juga diberikan kepada beliau dalam Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2004.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar