Rabu, 11 Agustus 2010

Awal dan Akhir Bulan Puasa


Kemarin sore, dari 10 titik pengamatan hilal, 4 diantaranya melaporkan telah melihat hilal sedangkan mereka yang melihat itu telah disumpah. Sehingga hari ini kita memulai puasa ramadhan 1431 H.

Pemerintah Indonesia setelah melalui sidang istbat menetapkan bahwa 1 Ramadan 1431 H jatuh pada hari Rabu 11 Agustus 2010. Penetapan ini dilakukan setelah hilal terlihat di empat tempat, yaitu Probolinggo, Gresik, Cilincing -Jakarta Utara, dan Bengkulu. Para saksi yang telah melihat hilal itu sudah melalui sumpah.

"Berpuasalah kamu sewaktu melihat hilal (bulan ramadhan) dan berbukalah kamu sewaktu melihat hilal (di bulan syawal), maka jika ada yang menghalangi sehingga bulan tidak terlihat, hendaklah kamu sempurnakan bulan Sya'ban menjadi tiga puluh hari" (hadits riwayat Bukhari)

Bagi kita yang wilayahnya mudah melihat hilal, maka sudah sepantasnya bila tiap keputusan mengenai ibadah puasa dan Idul fitri didasarkan pada terlihat atau tidaknya hilal dengan melakukan pengamatan dan bukan mendasarkan pada hitungan/hisab. hisab dipakai sekedar info kapan harus melakukan pengamatan hilal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar