Minggu, 10 Oktober 2010

Nutrisi Anti Rambut Rontok

Rambut rontok adalah masalah sepele tetapi cukup mengganggu dan membuat rasa tidak nyaman. Sampo dan kondisioner saja tidak akan mampu mengatasi masalah kerontokan rambut. Perlu juga dilakukan pencegahan dari dalam tubuh, yakni dengan mengkonsumsi mineral seng (zinc). Hal ini dikarenakan salah satu penyebab rambut rontok adalah kurangnya zinc alias mineral seng.

Jika kekurangan seng ini terus Anda biarkan, bisa jadi tidak hanya kerontokan rambut saja yang akan Anda derita. Kurangnya mineral seng ini juga bisa menurunkan imunitas/ kekebalan tubuh sehingga Anda akan lebih mudah terserang berbagai penyakit.

Sebenarnya, suplemen multivitamin yang mengandung zinc mudah ditemukan di apotek dan dijual secara bebas. Dosis konsumsi zinc maksimum yang disarankan tidak lebih dari 100 mg per hari. Akan tetapi, mengkonsumsi zinc secara langsung dari asupan makanan alami akan jauh lebih baik. Bahan makanan yang mengandung zinc sangat banyak dan mudah ditemukan. Sumber mineral ini banyak terdapat pada telur, jamur, kedelai dan produk olahan hasil laut.

Yang perlu diperhatikan saat mengolah bahan makanan ini sendiri adalah jangan memasaknya terlalu lama apalagi dengan api besar. Jika terlalu lama dimasak maka kandungan mineral yang ada di dalam makanan itu bisa hilang. Dan jangan lupa cuci dulu dengan air bersih yang mengalir sebelum dimasak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar