Rabu, 29 Desember 2010

Hipertensi, Gejala dan Pencegahannya

Aku posting artikel tentang hipertensi ini karena di keluargaku ada yang mengalaminya. Aku harap mereka kakan baik-baik saja. Artikel ini sebagai catatan pengingat jika nanti ada serangan. Hipertensi dapat diketahui jika tekanan sistolik di atas 140 mmHg dan diastolik di atas 90 mmHg (140/90 mmhg). Tekanan darah normal adalah 120 mmHg untuk sistolik dan 80 mmHg untuk diastolik.

Tekanan darah tinggi sering tidak tertangani dengan baik, karena tidak semua penderitanya menyadari gejala-gejalanya. Jika hipertensi sudah berat atau menahun serta tidak mendapat pengobatan bisa menyebabkan beberapa penyakit berbahaya dan mematikan seperti gagal jantung, serangan jantung, stroke, dan aneurisma arterial.

Karena itu sadarilah gejalanya sedini mungkin diantaranya yaitu sakit kepala, mudah lelah, mual, muntah, sesak nafas, gelisah, pandangan menjadi tidak jelas/kabur karena terjadi kerusakan pada bebrapa organ tubuh. Bahkan terkadang penderita hipertensi berat dapat mengalami penurunan kesadaran sampai koma karena terjadi pembengkakan pada otak. Keadaan ini disebut ensefalopati hipertensif, yang memerlukan penanganan segera.

Hipertensi sebenarnya tidak dapat disembuhkan tetapi bisa dikendalikan, yaitu dengan pola makan yang sehat dan menjaga pikiran yang rileks. Misal tidak makan daging kambing.

Berikut beberapa bahan makanan yang baik bagi penderita hipertensi.

1. Buah dan sayur tinggi kalium
Buah-buahan dan sayuran yang kaya akan kalium dapat menurunkan tekanan darah. Jenisnya antara lain, bayam, jamur, blewah, jeruk, kubis Brussel, grapefruits, pisang dan kentang.

2. Lycopene pada buah berwarna merah
Buah berwarna merah seperti tomat dan apel juga dapat membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini karena buah-buahan berwarna merah mengandung Phytochemical lycopene dan quercetin yang berfungsi sebagai antioksidan.

Departemen Pertanian AS melaporkan bahwa uji klinis delapan minggu konsumsi tomat biasa menghasilkan penurunan yang signifikan pada tekanan darah, baik sistolik dan diastolik pada individu dengan hipertensi ringan sampai sedang.

Buah-buahan seperti cranberry, bit, ceri, jeruk merah dan raspberry juga baik untuk menurunkan tekanan darah.

3. Sayur yang kaya magnesium
Sayuran berdaun hijau mengandung vitamin dan mineral yang penting, terutama magnesium. Magnesium merupakan elemen penting untuk menurunkan tekanan darah dan kesehatan secara keseluruhan, seperti yang diperlukan untuk lebih dari 300 reaksi biokimia. Magnesium juga dapat membantu mencegah dan mengelola penyakit hipertensi dan jantung, serta mengatur kadar gula darah. Contohnya pada bayam, brokoli dan sawi hijau.

1 komentar: