Aplikasi Islami dari Nokia

Jumat, 13 Agustus 2010

Di bulan Ramadhan ini, Nokia meluncurkan layanan berupa perangkat aplikasi Islami dari Ovi Store, Ovi Maps, dan Ovi Music.

Melalui situs Ovi Store, pengguna Nokia dapat mendownload berbagai aplikasi Ramadhan terbaru yaitu Boyoot Allah yang dipakai untuk mengetahui lokasi masjid terdekat; Quran yang berisi ayat-ayat Al-Quran dalam format digital; Mudzakkir yang berisi dzikir-dzikir harian; aplikasi Hadist, aplikasi Mecca dan Medina yang berisi petunjuk lengkap mengenai haji dan umrah, serta Arabica yaitu aplikasi untuk belajar bahasa Arab.

Aplikasi Boyoot Allah telah terintegrasi dengan GPS sehingga bisa optimal dalam mencari masjid di sekitar lokasi. Aplikasi Quran juga bisa mem-bookmark surat tertentu yang ingin kita baca. Aplikasi mudzakkir bisa untuk download dzikir dan mengirim ke teman.

Sementara itu, jika pengguna nokia ingin mendengarkan lagu-lagu islami dapat mendownload lagu-lagu Islami terbaru, tilawah Qur-an, serta siraman rohani atau tausyah dari KH Zainuddin MZ dan Yusuf Mansyur melalui perangkat Comes with music dari Ovi Music.

Dengan aplikasi baru dari Ovi Maps, pengguna Nokia yang ingin mudik ke kampung halaman dapat terbantu dengan melihat panduan berkendara, berjalan kaki, serta informasi mengenai tempat-tempat penting yang diberikan secara gratis. Atau bagi pengguna Nokia yang menggunakan operator Telkomsel dapat mendownload aplikasi-aplikasi tersebut dengan biaya berlangganan hemat, yaitu Rp 1000 per-hari atau Rp 10.000 per bulan. Untuk menikmati paket data tak terbatas, selama periode 3 Agustus sampai 30 September, bisa dilakukan dengan mengetik *363#.

Berita baiknya, semua aplikasi Islami tersebut masih akan dapat dinikmati dan didownload meskipun bulan Ramadhan telah usai.
Selengkapnya...

Puasa Ramadhan

Rabu, 11 Agustus 2010

Puasa (shiyam/shaum) berarti menahan. Dalam agama Islam, puasa berarti menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkannya, mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari dengan disertai niat.

Dalil / dasar hukum wajibnya puasa ramadhan
Dalam alqur'an, bab puasa ramadhan terdapat di surat ke-2/ Al Baqarah ayat 183-187. Disana dijabarkan perintah wajibnya puasa dan tata caranya. Berikut terjemahan surat al-Baqarah ayat 183-187:

[183] Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

[184] (yaitu) dalam beberapa hari yang ditentukan. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebaikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

[185] (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

[186] Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

[187] Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan Puasa bercampur dengan istri-istri kamu; mereka itu adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri`tikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.

Dari ayat-ayat tersebut diatas, kita mengetahui bahwa puasa sebenarnya untuk kebaikan manusia, hal ini sudah terbukti secara medis. Dan Allah sama sekali tidak ingin memberatkan manusia. Di ayat 183 Allah memanggil orang-orang yang beriman, maka kita harus masuk ke dalam Ramadhan dengan penuh keimanan.

Satu hal yang menarik, Allah menyelipkan perihal kedekatanNya dengan para hambaNya dan mengabulkan permohonan hamba yang berdo'a kepadaNya pada bab puasa ini. Kita tentu tahu Allah itu dekat dengan semua hambaNya kapanpun dimanapun. Masalahnya, kita sering kali justru menjauh dari Nya, dengan melakukan maksiat dan dosa. Nah, di bulan puasa ini, kita seharusnya melakukan banyak amal taat yang dapat mendekatkan kita kepadaNya. Bulan puasa sangat baik bagi kita untuk memperbanyak do'a dan istighfar.

Selengkapnya...

Awal dan Akhir Bulan Puasa


Kemarin sore, dari 10 titik pengamatan hilal, 4 diantaranya melaporkan telah melihat hilal sedangkan mereka yang melihat itu telah disumpah. Sehingga hari ini kita memulai puasa ramadhan 1431 H.

Pemerintah Indonesia setelah melalui sidang istbat menetapkan bahwa 1 Ramadan 1431 H jatuh pada hari Rabu 11 Agustus 2010. Penetapan ini dilakukan setelah hilal terlihat di empat tempat, yaitu Probolinggo, Gresik, Cilincing -Jakarta Utara, dan Bengkulu. Para saksi yang telah melihat hilal itu sudah melalui sumpah.

"Berpuasalah kamu sewaktu melihat hilal (bulan ramadhan) dan berbukalah kamu sewaktu melihat hilal (di bulan syawal), maka jika ada yang menghalangi sehingga bulan tidak terlihat, hendaklah kamu sempurnakan bulan Sya'ban menjadi tiga puluh hari" (hadits riwayat Bukhari)

Bagi kita yang wilayahnya mudah melihat hilal, maka sudah sepantasnya bila tiap keputusan mengenai ibadah puasa dan Idul fitri didasarkan pada terlihat atau tidaknya hilal dengan melakukan pengamatan dan bukan mendasarkan pada hitungan/hisab. hisab dipakai sekedar info kapan harus melakukan pengamatan hilal.
Selengkapnya...

Lowongan Kerja di TransTv

Senin, 09 Agustus 2010

Lagi, terbuka peluang bagi anda yang ingin bekerja di bidang penyiaran. Persaingan di bidang penyiaran sangat ketat. Dibutuhkan banyak sumber daya manusia yang berkualitas untuk tetap bisa bersaing. Kali ini TransTv yang membuka lowongan kerja dibidang broadcasting. Lowongan kerja di TransTv ini sebenarnya sudah dibuka sejak tanggal 6 Agustus kemarin, sampai dengan tanggal 17 Agustus 2010.

Persyaratan:
Usia maksimal 27 tahun.
pendidikan min D3 semua jurusan
IP minimal 2.75
kreatif, pekerja keras, energik
punya kemampuan interpersonal dan komunikasi yang baik
mudah beradaptasi

Jika Anda punya persyaratan diatas, dapat mencoba bersaing untuk mengisi posisi ini. Apalagi jika Anda cantik atau ganteng :-)
Ok. buka situs resmi trantv di http://karir.transtv.co.id/ dan isi formulir pendaftaran di http://karir.transtv.co.id/bdp_main.php
Test akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agusutus 2010 di tiga kota sekaligus. MaranathaUniversity, Bandung ; Universitas Atmajaya Yogyakarta, dan kampus STEKPI Jakarta
Selengkapnya...

 
 
 

Paid to Read

DonkeyMails.com: No Minimum Payout
 
Copyright © embun pagi