Selasa, 25 Januari 2011

Cara Membuat Crop Circle

Crop circles sebenarnya sudah banyak yang ditemukan didunia. Dari kesemuanya itu ada yang benar-benar tidak diketahui siapa pembuat dan apa tujuannya sehingga orang menduga sebagai UFO. Tetapi banyak juga crop circle yang dibuat oleh manusia, entah untuk karya seni atau sekedar membuktikan bahwa kita pun bisa membuatnya. Karena fenomena ini sangat menarik maka saya memposting artikel mengenai cara pembuatan crop circle itu sebagai tambahan pengetahuan yang saya ambil dari dari krjogja.com.

Thomas Jamaluddin - seorang Profesor Riset Astronomi dari LAPAN- menyatakan bahwa lingkaran grafis -crop circle- misterius yang ada di sebuah sawah di Dusun Kracakan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman, DIY, itu diduga kuat buatan manusia.

Jika memang buatan manusia, dalam membuat crop circles perlu teknik yang paling logis untuk menciptakannya. Apalagi gambar yang biasanya hadir di daerah ladang ini, hanya memerlukan waktu singkat atau tak sampai semalaman.

Dikutip melalui WikiHow, Senin (24/1/2011), teknik dalam menggambar di ladang ini sangatlah mudah. Selain tidak memerlukan alat khusus juga membutuhkan waktu yang relatif singkat. Hal ini sama dengan yang diutarakan Profesor Thomas bahwa dalam menciptakan crop circle di sebuah ladang hanya membutuhkan bantuan tali dan kayu.

Dan berikut langkah-langkah dalam menciptakan crop circles sendiri berdasarkan info dari Wikihow.

1. Menentukan ladang atau lahan yang diperlukan
Tentu saja sangat penting, mengingat seni membuat gambar ladang ini membutuhkan lahan yang sangatlah besar. Selain itu tentu penting memilih lahan agar dapat memikat banyak orang.

2. Membuat rencana desain lingkaran tanaman menggunakan peta skala besar, untuk menjamin akses bagi Anda dan audiens Anda.

Siapkan plot desain garis lurus atau melingkar. Tandai di peta arah Anda akan meratakannya, untuk menghindari tanda-tanda dari bagian yang mencurigakan, diperlukan pembuat lingkaran berpengalaman sehingga dapat menghindari merusak desain dengan meninggalkan garis-garis seperti mesin pemotong rumput.

3. Setelah di lapangan, gunakan pengukuran ke tempat yang tepat dengan spidol pada desain mini yang anda buat. Teman Anda dapat membantu untuk menandakan tempat, membuat perhitungan tiap sisi bagian lahannya, dan meletakkan tali untuk menandai area datar.

4. Membuat garis konstruksi dengan meletakkan tali untuk menguraikan ke gambar yang dibuat.
Setelah menandakan garis dengan tali, Kemudian meratakan lingkaran pada titik-titik persimpangan. Untuk menciptakan gambar yang sempurna biasanya membuat garis tali segitiga sama sisi, dan menciptakan lingkaran dipipihkan di sudut-sudut segitiga.

5. Membentuk gambar dengan meratakan tanaman,
Setelah setiap sudut terbentuk dengan tali, saatnya kreasi seni dibuat. Ada dua cara dapat dilakukan, pertama dengan Plank Flattening, yaitu menggunakan papan bertali, untuk meratakan dengan memegang tali lalu tekan ke depan dan ke bawah dengan tetap satu kaki di papan.

Cara yang kedua, menggunakan roller, alat bantu ini biasanya disediakan di toko material dengan alat yang dimodifikasi.

Setelah 5 langkah ini selesai dibuat, keesokan harinya dapat dipastikan gambar di ladang akan sesuai dengan keinginan penggambarnya. Langkah terakhir adalah menunggu kerumunan orang membicarakannya hingga akhirnya media mempublikasikan.

Video mengenai cara pembuatan crop circles bisa dilihat di video YouTube. (Okz/Git) krjogja.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar