Rabu, 09 Maret 2011

Hasil Pertandingan Leg 2 Babak 16 Besar Liga Champions



Hasil pertandingan Leg 2 babak 16 besar Liga Champions yang berlangsung Rabu pagi dini hari tadi, tuan rumah Barcelona sukses meraih tiket perempatfinal Liga Champions setelah mengkandaskan perlawanan Arsenal 3-1. Keempat gol itu diciptakan oleh pemain Barcelona. Total Barca unggul agregat 4-3. Sementara ditempat lain, AS Roma kembali dipermalukan tuan rumah Shakhtar Donetsk 3-0. Shakhtar lolos ke babak 8 besar dengan agregat 6-2, setelah di Roma mereka juga menang 3-2.
Jalannya pertandingan:

Bertanding di hadapan puluhan ribu suporternya di Stadion Camp Nou, dinihari tadi Barcelona bermain agresif dan mengepung pertahanan Arsenal. Praktis, Arsenal yang juga gemar bermain offensif ini dipaksa bertahan total. Barcelona mendapat peluang pertama menit 16 melalui tendangan bebas Dani Alves yang masih bisa dijinakkan Wojciech Szczesny yang jadi starter. Sayangnya ini adalah penyelamatan pertama dan terakhir bagi Szczesny di pertandingan itu karena usahanya itu membuatnya mengalami cedera jari. Kiper senior yang agak terpinggirkan musim ini, Manuel Almunia dimasukkan untuk mengawal gawang Arsenal.

Barcelona mencetak gol pertama melalui Lionel Messi di extra time babak pertama (menit 45+3). Messi mendapat umpan terobosan dari Andreas Iniesta, Messi mampu mengontrol bola dengan baik di kotak pinalti, mengangkat bola ke atas sekaligus mengecoh Almunia yang coba maju untuk menyergap, lalu menceploskanbola ke gawang kosong tanpa mampu di blok Bacary Sagna yang coba mengejar.

Di babak kedua, tepatnya menit 52, Arsenal mampu menyamakan kedudukan. Gol berawal dari tendangan sudut yang dilakukan Samir Nasri, bola mampu ditanduk Sergio Busquets, sayang arahnya justru ke gawang sendiri. Arsenal unggul agregat 3-2 sekaligus memelihara asa untuk lolos ke 8 besar.

Sayang pada menit ke-56 Robin Van Persie mendapat kartu kuning kedua lalu kartu merah setelah menendang bola ke gawang meski wasit sudah meniup peluit tanda off side.
Unggul jumlah pemain membuat Barca semakin leluasa menekan pertahanan Arsenal. Tapi penampilan Almunia pada pertandingan ini juga luar biasa. Ia mampu melakukan banyak penyelamatan. Paling tidak ia mampu mematahkan dua peluang emas David Villa menit 57 dan 65.

Serapat-rapatnya barisan pertahanan Arsenal akhirnya bobol juga menit 69. Gol diawali aksi individu Iniestayang kemudian mengirim umpan kepada David Villa yang langsung meneruskannya kepada Xavi Hernadez yang menusuk ke kotak pinalti tanpa pengawalan berarti mampu melakukan tendangan terarah kesisi kiri gawang Almunia.

Arsenal kembali menerima nasib buruk 3 menit kemudian setelah Pedro dilanggar di kotak terlarang oleh Laurent Koscielny. Messi yang maju sebagai algojo sukses mengecoh Almunia dan membuat Barca unggul 3-1.

Barca tidak mengendorkan serangan meski sudah unggul dua gol. Pada menit 77, Messi melepaskan tendangan kaki kanan yang masih mampu ditepis Almunia. Arsenal berusaha mencuri satu gol yang cukup untuk meloloskan mereka. Peluang dimasa injury time didapat ketika sebuah umpan terobosan hampir bisa dijangkau Niklas Bentdner, tapi Mascherano mampu memotong bola. Sial bagi Mashcerano karena itu juga membuatnya cedera dan harus digantikan Seydu Keita.

Sampai wasit meniup peluit akhir, hasil 3-1 tidak berubah. Dipertnadingan ini Barca tercatat melakukan 17 tembakan dengan 10 di antaranya on target. Sedangkan Arsenal, meski mereka mampu mencetak banyak gol di penyisihan grup, mereka gagal melepaskan satu tembakan pun ke gawang Valdes. Barca juga menguasai ball possition dengan persentase 74:26. Barcelona pun layak lolos ke babak 8 besar.

Susunan pemain
Barcelona: Valdes, Dani Alves, Busquets, Abidal, Adriano Correia (Maxwell 90), Xavi, Mascherano (Keita 89), Iniesta, Pedro, Villa (Afellay 82), Messi

Arsenal: Szczesny (Almunia 18), Sagna, Djourou, Koscielny, Clichy, Wilshere, Diaby, Rosicky (Arshavin 74), Fabregas (Bentdner 78), Nasri, van Persie

Di tempat terpisah, tuan rumah Shakhtar Donetsk berhasil menyingkirkan AS Roma untuk melaju ke babak perempatfinal (8 besar). Bermain di Donbass Arena, Shakhtar menang 3-0 sehingga total unggul aggregat 6-2.

Shakhtar unggul dulu melalui Tomas Hubschman di babak pertama. AS Roma berpeluang menyamakan skor setelah mendapat hadiah penalti akibat Marco Borriello dilanggar di kotak terlarang. Sayang eksekusi yang dilakukan sendiri oleh Borriello gagal berbuah gol karena bola mampu ditangkap kiper Andriy Pyatov. Seandainya masuk tentu jalannya pertandingan akan lebih seru.

Tapi apa daya, Roma justru harus kehilangan pemain setelah Phillippe Mexes akibat menerima kartu kuning kedua di akhir babak pertama setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Adriano. Unggul jumlah pemain, Shakhtar berhasil menambah dua gol dari Willian (menit 58) dan Eduardo da Silva (menit 86) sekaligus mengamankan tiket perempatfinal.

Susunan Pemain:
Shakhtar Donetsk: Andriy Pyatov, Yaroslav Rakitskiy, Dmytro Chigrynskiy, Razvan Rat, Darijo Srna, Henrik Mkhitaryan (Alex Teixeira 67'), Tomas Hubschman, Willian, Douglas Costa (Eduardo 60'), Luiz Adriano (Marcelo Moreno 75'), Jadson

AS Roma: Doni, Philippe Mexes, Juan, John Arne Riise, Nicolas Burdiso, David Pizarro, Daniele De Rossi, Mirko Vucinic (Matteo Brighi 66'), Rodrigo Taddei (Aleandro Rosi 45'), Marco Borriello, Simone Perrotta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar