Kamis, 28 April 2011

Madrid Kalah! Hasil Pertandingan Leg 1 Babak Semifinal Liga Champions



Real Madrid menderita kekalahan dalam pertandingan leg 1 babak semifinal Liga Champions Eropa di tangan rival abadinya, Barcelona. Pada pertandingan yang digelar dikandangnya sendiri, Santiago Bernabeu, Kamis (27/4/2011) pagi dinihari tadi Real Madrid takluk dengan skor 0-2. Seperti laga el clasico sebelumnya, Real Madrid kembali harus bermain dengan 10 pemain sejak menit 61 setelah Pepe mendapat kartu merah karena malanggar Dani Alves. Dua gol Barca lahir dari kaki Lionel Messi di menit 76 dan 87.

Kemenangan ini mendekatkan Barcelona ke partai final Liga Champions Eropa yang dijadwalkan di gelar di Stadion Wembley 28 Mei 2011. Meski harus kembali bertemu di leg 2, tapi sulit bagi Madrid menyingkirkan Barca di Camp Nou dengan selisih 3 gol karena Madrid juga akan kehilangan dua pemain pilar di lini belakang, Sergio Ramos dan Pepe.

Dengan keunggulan agreagat 2 gol, Barcelona hanya perlu bermain seri, atau kalah dengan hanya selisih 1 gol di pertandingan semifinal leg 2 yang digelar di Camp Nou pekan depan. Madrid sepertinya harus merelakan satu tiket final kepada rival abadinya itu.

Sementara dengan tambahan 2 gol yang dibuatnya, Lionel Messi mampu mengoleksi 52 gol pada musim ini dan mungkin akan bertambah! 11 gol di antaranya dicetak di Liga Champions menjadikannya berpeluang meraih gelar top skorer. Di Barca, secara keseluruhan, Messi sudah mencetak 179 gol atau ketiga terbanyak di klub itu. Messi cuma kalah dari Cesar Rodriguez (235 gol) dan Ladislau Kubala (194 gol).

Jalannya Pertandingan

Meski pertandingan berlangsung di Santiago Bernabeu, Kamis dinihari tadi, Barcelona tampil dominan sepanjang pertandingan. Di menit keempat peluang Xavi melalui tendangan voli dari luar kotak pinalti mampu ditahan Iker Casillas. Hal ini langsung dibalas melalui upaya Cristiano Ronaldo satu menit kemudian. Berawal dari umpan Angel Di Maria disambut tendangan Ronaldo dari luar area penalti. Giliran Valdes yang menjinakkan bola.

Lionel Messi memberi bola kepada Xavi yang lolos dari jebakan offside menit 25, Xavi menyambutnya dengan sepakan mendatar tapi masih bisa ditangkap Casillas.

Aroma El Clasico sangat terasa pada pertandingan ini. Tensi pertandingan memunculkan banyak keributan di antara para pemain kedua kubu beberapa menit sebelum babak pertama berakhir.

Peluang terbaik Madrid hadir saat injury time. Ronaldo melepas sepakan keras yang masih bisa dihalau Valdes dengan dadanya tapi bola muntah. Bola liar kemudian disambut oleh Mesut Oezil tapi Valdes berhasil menghalau bola dengan kakinya.

Di babak kedua, laga berjalan panas.Pemain dari kedua tim berusaha mencetak gol melalui tendangan jarak jauh. Malapetaka datang menimpa Madrid di menit 60. Pelanggaran keras Pepe terhadap dani Alves membuat wasit mencabut kartu merah. Jose Mourinho yang tidak terima keputusan wasit lalu bersikap tidak sopan kepada ofisial pertandingan. Akibatnya ia juga kena kartu merah dan harus duduk di kursi penonton.

Memanfaat kan keadaan, Barca terus memforsi serangan. Operan Xavi pada Villa yang menyambutnya dengan tendangan tapi masih bisa dihalau Casillas. Bola muntah disambut Pedro yang berada di depan gawang menyundul bola, tapi belum mampu memecah kebuntuan. Untuk memperkuat serangan, Pep Guardiola memasukan Ibrahim Afellay menggantikan Pedro.

Hasilnya langsung terasa setelah Afellay melakukan tusukan ke kotak penalti Madrid dari sisi kanan lapangan dan mengirim umpan crossing yang disambut Messi dengan sontekan manis dan berbuah gol di menit 76. Sepuluh menit kemudian Messi menggandakan keunggulan. Tepatnya menit 86, messi melakukan solo run melewati tiga pemain Madrid dan melepas tendangan mendatar ke tiang jauh gawang Casillas. Jadilah Barcelona memenangkan el clasico ke 4 musim ini. Masih ada satu partai el clasico lagi pekan depan.

Pertemuan Barcelona - Real Madrid musim ini (El Clasico):
Barcelona- Real Madrid 5- 0 = La Liga Primera
Real Madrid- Barcelona 1-1 = La Liga Primera
Barcelona- Real Madrid 0-1 = Copa del Rey (Tempat Netral, Madrid unggul melalui extra time)
Real Madrid - Barcelona 0-2 = Leg 1 babak semifinal Liga Champions
Barcelona - Real Madrid = Leg 2 babak semifinal Liga Champions, 3 Mei 2011

Susunan Pemain:
REAL MADRID: Casillas, Arbeloa, Ramos, Albiol, Marcelo, Alonso, Pepe, Diarra, Oezil (Adebayor 45'), Di MarĂ­a, Ronaldo

BARCELONA: Valdes, Alves, Pique, Puyol, Keita, Mascherano, Busquets, Xavi, Pedro (Afellay 70'), Messi, Villa (Sergi Roberto 90')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar