Rabu, 27 April 2011

Manchester United Menang, Hasil Pertandingan Leg 1 Babak Semifinal Liga Champions


Manchester United sukses mengalahkan tuan rumah Schalke 04 dengan skor 2-0 pada pertandingan leg pertama babak semifinal Liga Champions di Veltins Arena, Rabu (27/2/2011) dinihari tadi. Ini adalah kemenangan away pertama bagi Manchester United saat menghadapi klub-klub Jerman di babak knock out Liga Champions. Dua gol MU diciptakan oleh Ryan Giggs dan Wayne Rooney di babak kedua.

Schalke bisa saja kalah dengan skor lebih banyak, beruntung Manuel Neuer tampil luar biasa dengan menggagalkan banyak peluang emas dari Setan Merah. Di babak pertama saja tercatat Manchester United mampu membuat 12 tembakan dengan 8 diantaranya mengarah ke gawang.

Dengan hasil ini MU hanya perlu bermain seri atau bahkan kalah dengan selisih satu gol di leg kedua yang akan berlangsung di Old Trafford, 4 Mei pekan mendatang untuk maju ke babak final.

Schalke sebagai tuan rumah sebenarnya langsung mengambil inisiatif menyerang sejak menit pertama. Tendangan keras terarah Alexander Baumjohann dari luar kotak penalti masih mampu dijinakkan Edwin Van der Sar. Usaha ini langsung dibayar MU dua menit berselang melalui sebuah tendangan melengkung dari Wayne Rooney yang memaksa Manuel Neuer bekerja keras dan 'terbang' untuk mengamankan gawangnya. Menit keenam usaha Park Ji-sung dari dalam kotak penalti juga mampu dijinakkan Neuer.

Schalke menyerang balik menit kesembilan melalui aksi Jefferson Farfan di sayap kanan tapi tembakannya masih melebar. Aksi Neuer pada menit 16 mementahkan peluang emas MU, berawal dari umpan Ji Sung, Javier Hernandez lolos dari jebakan offside dan berduel langsung satu-satu dengan Neuer. Peluang matang ini pun digagalkan Neuer.



Masih tentang Manuel Neuer -yang musim depan berseragam Bayern Munchen- yang harus terus bekerja keras di babak pertama. Gerakan refleksnya mampu menggagalkan sundulan kepala Ryan Giggs dari jarak dekat di menit ke-28. Lalu di menit ke-36, aksi kiper nomor satu Jerman mampu menggagalkan peluang Javier Hernandez di dalam kotak penalti. Menjelang babak pertama berakhir, Neuer sekali lagi memenangkan duel satu lawan satu, kali ini upaya Ryan Giggs yang digagalkannya. Babak pertama berakhir 0-0.

Memulai babak kedua, MU mengancam dari situasi set piece dimanan tendangan bebas Giggs disambut sundulan kepala Patrice Evra tapi masih mampu ditepis oleh Neuer. Schalke membalas di menit ke-52 yang membuat sebuah kemelut di kotak penalti MU, tapi sayang tendangan voli Jose Jurado tak menemui sasaran. Sebuah tendangan jarak jauh Edu masih mampu dimentahkan oleh Van der Sar beberapa menit kemudian.



Manchester United akhirnya berhasil memecah kebuntuan di menit 67. Ryan Giggs mendapat umpan terobosan Rooney, lalu masuk ke kotak penalti dan diakhiri sebuah tendangan dengan melewatkan bola di antara kaki Neuer. Gol ini membuat pasukan setan merah semakin bersemangat. Dua menit berselang, Wayne Rooney mampu mencetak gol setelah mendapatkan umpan Javier 'Chicharito' Hernandez.

Pada menit ke-76, Schalke mendapat peluang menipiskan kekalahan, sayang tendangan bebas Farfan masih melenceng dari sasaran. Hasil 2-0 untuk kemengang Manchester United bertahan hingga akhir laga. Meski kalah, peluang Schalke masih ada. Mereka harus bisa mengalahkan Mu dengan skor 3-0 di leg 2 babak semifinal yang akan digelar di Old Trafford, 4 Mei. Tapi akan sangat berat, tentu saja.

Susunan pemain:
SCHALKE: Neuer, Uchida, Matip, Metzelder, Sarpei (Sergio 73'), Farfan, Papadopoulos, Jurado (Draxler 83'), Baumjohann (Kluge 53'), Raul, Edu

MANCHESTER UNITED: Van der Sar, Fabio Da Silva, Ferdinand, Vidic, Evra, Valencia, Carrick, Giggs, Park (Scholes 73'), Rooney (Nani 83'), Hernandez (Anderson 73)

2 komentar:

  1. Semoga MU ketemu Real Madrid di Final Piala Champian 2011 ini ... tp gwa pegang madrid .. :-)

    BalasHapus
  2. aku juga inginnya begitu, tapi sepertinya berat buat Madrid menyingkirkan barca

    BalasHapus