Kamis, 21 April 2011

Ronaldo Cetak Gol, Real Madrid Juara Copa del Rey


Jose Mourinho membuktikan dirinya benar-benar special, dia menjadi salah satu pelatih tersukses dalam memenangi suatu turnamen. Kamis dini hari tadi, Jose Mourinho mengantar Real Madrid menjuarai Copa del Rey (Piala Raja) setelah mampu mengalahkan Barcelona, 1-0 melalui babak perpanjangan waktu. Gol dicetak oleh Cristiano Ronaldo menit 103. Bagi Cristiano Ronaldo dan Jose Mourinho, Piala Raja menjadi trofi pertama mereka buat Madrid.

Bagi Madrid ini adalah Copa Del Rey ke-18 mereka dan suporter sudah menunggu selama 18 tahun untuk mendapatkan trofi Piala Raja ini setelah terakhir kali mereka raih tahun 1993. Madrid memang mampu ke final pada musim 2002 dan 2004, tapi waktu itu mereka takluk ditangan Deportivo La Coruna serta Real Zaragoza.

Jalannya pertandingan Copa del Rey
Seperti kita ketahui musim ini di liga lokal (la liga) dalam dua pertemuan, Real Madrid gagal mengatasi Barcelona. Di pertemuan pertama mereka justru dibantai 5-0. lalu di pertemuan kedua mereka hanya main imbang 1-1.

Dengan hasil-hasil itu maka Mou akhirnya membuat strategi bertahan dalam menghadapi Barcelona di final Copa del Rey kamis dini hari tadi. Meski strategi bertahan bukan sesuatu yang mengejutkan mengingat inilah strategi andalannya. Strategi yang dipakai memang jauh dari permainan indah, meski mereka punya banyak stok pemain bertalenta tinggi.

Strategi bertahan sangat efektif untuk meraih hasil. Mourinho menurunkan starting XI tanpa striker murni! Emanuel Adebayor baru masuk menit 70. Dalam pertandingan pun demikian, Marcelo yang biasa ikut menusuk dari sayap juga lebih banyak bertahan di wilayah sendiri demi menahan pergerakan Dani Alves. Pepe juga sering maju ke tengah lapangan untuk secepatnya memutus serangan Barca, meski di wilayah itu sudah ada Sami Khedira dan Xabi Alonso.

Meski begitu, Madrid sudah punya dua peluang emas di 20 menit pertama melalui Ronaldo dan Oezil, sayang keduanya gagal. Pemain Madrid yang bertahan sangat baik di area sendiri tak membiarkan pemain Barca leluasa melakukan operan-operan cepat hal ini membuat pemain Barca sulit masuk ke kotak penalti. Sebaliknya serangan balik Madrid begitu berbahaya seperti yang terjadi di menit 36 saat Ronaldo mendrible bola sampai ke kotak penalti Barca, sayang tembakannya ditepis oleh Jose Manuel Pinto yang turun sebagai kiper utama menggantikan posisi Valdes. Diakhir babak pertama peluang emas kembali didapat Madrid, sayang sundulan Pepe kena tiang gawang.

Dibabak kedua permainan Barca meningkat signifikan. Barcelona bahkan mencetak gol melalui Pedro Rodriguez, sayang ia sudah berada di posisi offside, gol pun dianulir wasit. Dua puluh menit terakhir, Barca terus menyerang pertahanan Madrid. Messi memperoleh peluan emas tapi sayang tembakannya bisa diredam Casillas. Begitu juga peluang dari Andres Iniesta menit 80 juga bisa ditepis Casillas dengan ujung jarinya.

Setelah bermain imbang 0-0 akhirnya pertandingan dilanjutkan dengan babak tambahan waktu. Ronaldo kembali mendapat peluang emas sayang tembakannya dari sisi kanan hanya melebar tipis di sisi gawang. Tapi Ronaldo membayar kegagalnya itu di menit 103. Memanfaatkan umpan silang Angel Di Maria dari sisi kiri, tandukan keras Ronaldo yang mengarah ke tiang jauh tak mampu dijangkau oleh Pinto. Bola pun masuk ke gawang Barca. 1-0 untuk Madrid.
Seperti sudah menjadi tradisi, El Real kembali harus bermain dengan 10 orang setelah Angel Di Maria mendapat kartu kuning keduanya. Beruntung bagi Madrid keluarnya Di Maria di menit 120 tak memengaruhi hasil akhir karena tak lama berselang wasit meniup peluit panjang. Dan Madridista pun berpesta...

Susunan pemain
Madrid: Iker Casillas; Ricardo Carvalho, Pepe, Sergio Ramos, Alvaro Arbeloa, Marcelo; Xabi Alonso, Cristiano Ronaldo, Mesut Oezil (Emmanuel Adebayor 70), Sami Khedira (Esteban Granero Molina 104), Angel Di Maria

Barcelona: Jose Manuel Pinto; Dani Alves, Gerard Pique, Adriano (Maxwell 118); Xavi, Andres Iniesta, Javier Mascherano, Sergio Busquets (Seydou Keita 108); David Villa (Ibrahim Afellay 106), Lionel Messi, Pedro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar