Selasa, 10 Mei 2011

Air Zam-zam beracun? Itu Palsu

Hasil penyelidikan BBC pekan lalu menyebutkan air zam-zam yang dijual tiga toko buku muslim di Inggris tercemar arsenik. Ketiga toko buku itu berlokasi di Wodsworth (barat daya London), Upton Park (timur London), dan Luton (Bedfordshire). Karena kadar arsenik didalamnya tinggi sedang arsenik bisa menyebabkan kanker bahkan beracun.

Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan kadar nitrat dan arseniknya tiga kali di atas ambang kesehatan. Bahkan, air itu juga berpotensi mengandung bakteri berbahaya

Pemerintah Arab Saudi telah membantah pernyataan bahwa air Zam Zam asli yang berasal dari mata air di dalam kompleks Masjidil Haram Makkah tercemar. Arab Saudi menegaskan tak ada ancaman kesehatan pada air zam-zam dan aman dikonsumsi.

Umat muslim menganggap air zam-zam sebagai air suci dan memiliki banyak manfaat bahkan bisa mengobati penyakit. Air yang sumurnya tidak pernah kering sejak zaman Nabi Ibrahim dan selalu menjadi buah tangan wajib bagi yang beribadah haji atau umrah ke Arab Saudi. Oleh pemerintah, air zam-zam ini tidak diekspor untuk kepentingan bisnis.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi? Ternyata ada air zam-zam palsu yang beredar di pasaran. Arab News -situs berita Arab- melaporkan air zam-zam palsu ini merupakan hasil campuran antara air zam-zam asli dan air biasa. Air ini banyak dijajakan oleh para imigran dan warga Saudi sendiri. Para penjual zam-zam palsu ini menjual air zam-zam palsu ini secara sembunyi-sembunyi atau menghinidari aparat keamanan.

Modusnya, para pelaku mengisi penuh galon dengan air zam-zam asli. Lalu air biasa dalam jumlah lebih banyak ditambahkan dengan sedikit air zam-zam lalu dimasukan ke galon kosong. Pengoplosan ini terjadi di daerah Kudai. Air zam-zam palsu ini lalu diedarkan tidak hanya di jalan-jalan yang menghubungkan Kota Makkah dan Jeddah. Tapi juga ada pedagang air zam-zam palsu ini di sekitar Masjid Al-Haram, Makkah, dan Masjid Nabawi, Madinah. Penjualan air zam-zam palsu ini pun berlangsung 24 jam. Di sekitar Masjid Al-Haram, perdagangan zam-zam oplosan ini berpusat di kawasan Al- Ghazzah.

Air zam-zam palsu ini tersedia dalam tiga ukuran botol kemasan. Botol besar dijual 15 riyal, botol sedang = 10 riyal, dan botol kecil= 5 riyal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar