Selasa, 31 Mei 2011

Aktivitas Kawah Gunung Dieng

Sudah sekitar satu pekan aktivitas vulkanik Gunung Dieng meningkat. Dieng berada di ketinggian rata-rata 2000 meter di atas permukaan laut, dan terletak di sebelah barat Gunung Sumbing dan Sindoro. Dataran tinggi Dieng secara administratif masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Karena wilayah Dieng terletak di ketinggian maka suhu udaranya sangat sejuk antara 10—20 °C dan kadang suhu di pagi hari bisa mencapai 0 °C.

Di wilayah Dieng terdapat peninggalan sejarah berupa kompleks percandian. Dieng juga dikenal sebagai penghasil sayur-sayuran segar.

Sampai saat ini Gunung Dieng masih termasuk gunung aktif. Aktivitas vulkanik yang biasa terjadi adalah letusan freatik, yaitu letusan yang terjadi karena pemanasan air dibawah permukaan tanah. Letusan ini biasanya disertai lumpur. Tak heran jika Dieng memiliki banyak sumber air panas. Panas bumi disana juga sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik panas bumi.

Ada 6 kawah aktif di dataran tinggi Dieng. Kawah di gunung Dieng bernama kawah Condrodimuko, Sileri, Sinila, Siglagah, Sikidang, dan Timbang. Kwah Sinila dan Sikidang pernah meletus dan mengeluarkan gas beracun yang mematikan beberapa tahun yang lalu.

Sedang kawah Timbang, saat ini telah dinaikkan statusnya dari waspada menjadi siaga. Kawah Timbang mengeluarkan gas berbahaya dan aktivitas kegempaannya meningkat. Warga diminta menjauh dari area sejauh 1 km.
Peningkatan status dilakukan dengan pertimbangan:

Minggu, 22 Mei 2011
Dari pemantauan visual terlihat asap putih tipis keluar dari kawah Timbang dengan ketinggian sekitar 20 meter.

Senin, 23 Mei 2011
Statusnya naik dari normal aktif menjadi waspada pada pukul 14.00. Kejadian ini hampir sama dengan pernah terjadi dengan Kawah Sileri pada 27 September 2009 saat menyemburkan lumpur panas.

28 Mei 2011 Kandungan gas CO dan CO2 terdeteksi 0,106 persen volume

Minggu, 29 Mei 2011
Pukul 06.00: Aliran gas dari Kawah Timbang sejauh 50 meter ke arah selatan melalui lembah.
ditemukan burung dan serangga mati dan rerumputan kering kecoklatan.
Gas berbahaya seperti CO (Carbon Monoksida) dan CO2 (Carbon Dioksida) mengalir mengikuti kontur tanah. Kandungan gas 0,320 persen volume
Pukul 14.00: aktivitas di Kawah Timbang kian meningkat.
Status Dieng ditingkatkan dari waspada menjadi siaga.
Pukul 22.45: warga radius 1 kilometer dievakuasi.

Senin, 30 Mei 2011
Warga sekitar diungsikan aula SMA 1 Batur.

Batas aman gas CO/CO2 = 0,55 persen volume

Tidak ada komentar:

Posting Komentar