Home » » Hasil Pertandingan Final Liga Champions Eropa 2011

Hasil Pertandingan Final Liga Champions Eropa 2011

Minggu, 29 Mei 2011

Barcelona berhasil mengalahkan Manchester United dengan skor 3-1 dalam pertandingan final Liga Champions Eropa 2011 di Stadion Wembley, London hari Minggu (29Mei) pagi dinihari tadi WIB. Kemenangan Barcelona di partai final liga Champions lawan Manchester United ini menyamai prestasi serupa saat mengalahkan MU 2-0 di partai final tahun 2009 lalu. Hasil ini juga berarti Manchester United gagal membalas kekalahan mereka itu.

Kemenangan Barcelona di final Liga Champions 2011 diperoleh setelah Pedro mencetak gol di menit 27, Messi (54), dan David Villa (69). Sedang gol Manchester United disiptakan oleh Wayne Rooney di menit 34.

Dalam partai yang dijuluki final idaman itu, Barca tampil sangat dominan, mengendalikan permainan dan mampu menciptakan banyak peluang. Bara mengepung pertahanan MU dan melepaskan banyak tendangan dari second line. Sedangkan permainan Manchester United tidak berkembang, lapangan tengah mereka kalah telak baik dalam penguasaan bola atau pun kreatifitas. Saya bahkan tak melihat pemain di lapangan tengah mereka melepaskan tembakan mematikan ke gawang Valdes.

Jalannya Pertandingan
MU memulai kick off babak pertama sebagai tim 'tuan rumah' karena partai final digelar di Inggris, tapi mereka memakai kostum kedua -putih hitam- bukan jersey pertama -merah hitam- karena bertindak sebagai penantang. Tapi justru Barca yang berhasil unggul lebih dulu menit 27. Diawali umpan terobosan oleh Xavi Hernandez pada Pedro yang tak terkawal dan dengan tenang mengeksekusi bola ke gawang Edwin van der Sar.

Manchester United langsung merespon gol itu dengan memberi tekanan ke jantung pertahanan Barca yang diisi Mascherano dan Pique. Kerjasama satu-dua Rooney dan Giggs berakhir dengan jebolnya gawang Valdes di menit 34. Wayne Rooney menusuk di sisi kanan lau mengoper bola pada Ryan Giggs, yang lolos dari jebakan offside, dan dengan cepat mengoper kembali bola ke Rooney yang lantas melepaskan tendangna keras ke tiang jauh.

Skor 1-1 bertahan hingga jeda. Di babak kedua, Barcelona masih tetap dominan. Para pemain Barca masih bebas memainkan bola di wilayah pertahanan MU. Dan hasilnya di menit 54, diawali operan-operan pendek, Iniesta yang tak terkawal dan tak mendapat gangguan, memberi umpan kepada Lionel Messi. Messi menggiring bola sejenak di depan kotak penalti Manchester United tanpa gangguan. Messi akhirnya melepaskan tendangan kaki kiri melengkung dari luar kotak pinalti, Van der sar gagal menjangkau bola yang masuk ke gawangnya. Ini adalah gol ke-12 Messi di liga Champions, menyamai prestasi Ruud van Nistelroy sebagai top skore sepanjang masa. Gol ini juga gol pertama Messi di tanah Inggris, setelah sebelumnya gagal mencetak gol jika bermain di tanah Britania.

Meski sudah unggul, Barca tetap menekan pertahanan MU. Barca akhirnya mendapat gol ke-3 di menit 69. Adalah David Villa yang melepaskan tendangan melengkung dari luar kotak pinalti ke sisi kiri gawang Van der Sar yang kembali gagal mencegah bola masuk.

Permainan MU mulai membaik dengan masuknya Nani menggantikan Fabio yang cedera. Mereka pun mengklaim atas hadiah penalti saat Villa menyentuh bola dengantangan di kotak pinalti. Tapi Wasit tak menganggapnya pelanggaran karean tangan Villa dianggap tidak aktif. Di 10 menit terakhir MU mengencarkan serangan. Di menit 84 Nani memperoleh peluang, tapi tendanganya justru melebar.

Carles Puyol dimasukan menit 87, ban kapten yang ditangan Xavi pun berpindah. Sementara MU coba menekan pertahanan Barcelona. Namun tak satupun yang berhasil. Sampai pertandingan berakhir Barcelona menang 3-1 atas Manchester United di partai final Liga Champions Eropa 2011 dan berhak atas trofi yang dijuluki the big ears itu.
Ban kapten Barcelona kembali berpindah saat penyerahan trofi oleh presiden UEFA, Michael Platini. Kali ini yang diberi kehormatan menerima trofi pertama adalah Eric Abidal. Pemain ini diberi kehormatan setelah perjuangnya melawan penyakit yang ia derita.

Catatan statistik pertandingan, Soccernet mencatat, Barcelona memenangi penguasaan bola dengan perbandingan 68:32. Sedang catatan resmi UEFA, Barcelona memenangkan ball possession sebanyak 63:37.

Secara total, Barca melepaskan 22 tembakan, dengan 12 di antaranya tepat sasaran (on target). Sedangkan Manchester United hanya mampu melepaskan 4 tembakan dengan hanya satu yang tepat sasaran (juga jadi gol). Edwin Van der Sar melakukan 8 kali penyelamatan. Sedang Victor Valdes nol.

Susunan Pemain

Barcelona: Valdes; Abidal, Mascherano, Pique, Alves (Puyol 88); Busquets, Xavi, Iniesta; Pedro (Afellay 90), Villa (Keita 86), Messi.

Manchester United: Van der Sar; Fabio (Nani 69), Ferdinand, Vidic, Evra; Valencia, Carrick (Scholes 77), Giggs, Park; Rooney, Hernandez.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
 
 

Paid to Read

DonkeyMails.com: No Minimum Payout
 
Copyright © embun pagi