Rabu, 04 Mei 2011

Hasil Semifinal Liga Champions Leg 2: Singkirkan Madrid, Barca ke Final Liga Champions Eropa

Seperti diprediksi banyak orang, Barcelona akhirnya melaju ke babak final Liga Champions 2010/2011 setelah pada pertandingan leg 2 babak semifinal mampu bermain imbang 1-1 dengan Real Madrid, hari Rabu (4 Mei 2011) dinihari tadi wib. El Barca menang dengan agregat 3-1 setelah di leg 1 unggul 2-0 di Barnebeu. Barcelona tinggal menunggu lawan yang akan dihadapi, Manchester United atau Schalke.

Dalam catatan UEFA, sampai saat ini belum ada tim yang yang mampu lolos ke babak selanjutnya setelah kalah 0-2 di kandang sendiri. Tapi pertandingan semalam tidaklah mudah, meski Real Madrid tidak didampingi Jose Mourinho di sisi lapangan, dan Pepe yang tidak main karena terkena hukuman. Dengan fakt harus menang untuk lolos ke babak final, Real Madrid melakukan permainan yang berbeda dibandingsaat leg 1. Madrid tampil agresif sejak menit-menit awal demi mengejar agregat gol.

Serangan Madrid dimotori duet Gonzalo Higuain dan Ricardo Kaka yang turun sebagai starter. Barca, seperti biasa, tetap bermain menyerang. Meski begitu, dalam 15 menit pertama, kedua tim gagal menciptakan peluang emas. Barisan pertahanan kedua tim sangat solid untuk menghalau serangan.

Madrid lebih dulu mendapat eluang emas pertama menit ke-19. Higuain hampir saja menjebol gawang Barcelona dengan memanfaatkan umpan terukur yang dilepaskan Kaka. Sayang offiside.

Barca bereaksi 3 menit kemudian. Tandukan Sergio Busquets memaksimalkan umpan sepak pojok dari sektor kiri pertahanan Madrid masih mampu di jinakkan Iker Casillas. Peluang emas kembali didapat anak asuh Pep Guardiola itu menit ke-32, berawal dari kerjasama Messi dan Villa hampir saja berbuah gol. Messi memberi umpan pendek kepada David Villa, Villa melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti, tapi Casilas kembali mampu menepis tembakannya.

Sebagai tuan rumah Barca lebih banyak menguasai permainan. Kondisi ini memaksa Madrid lebih banyak bertahan di akhir babak pertama.

di awal babak kedua, Madrid sebenarnya berhasil menyarangkan bola ke gawang Barca melalui Gonzalo Higuain menit ke-46. Tapi anehnya, gol itu dianulir oleh wasit Franck De Bleeckere, karena Ronaldo yang memberikan umpan kepada Higuain dianggap terlebih dulu melanggar Mascherano. Cristiano Ronaldo dijatuhkan Gerard Pique dan menimpa Javier Mascherano. Tayangan ulang memperlihatkan indikasi kalau Ronaldo tidaklah sengaja menjatuhkan Mascherano, karena saat itu pun dia juga sedang jatuh akibat dorongan Pique.

Sampai akhirnya di menit 54, Barca membungkam pendukung Madrid, Pedro berhasil mencetak gol yang berawal dari serangan balik yang dilakukan Dani Alves. Bek sayap dari Brasil itu melakukan tusukan dan diakhiri dengan mengirim umpan kepada Iniesta yang berdiri bebas di lini tengah. Dengan cepat Iniesta memberikan bola terobosan pada Pedro.

Tapi keunggulan Barca hanya bertahan sepuluh menit setelah Marcelo berhasil mencetak gol pada menit ke-64. Gol ini berawal dari tembakan Angel Di Maria yang masih membentur tiang gawang Barca. Beruntung Bola rebound kembali kearahnya, lalu Di Maria memilih memberikan bola kepada Marcelo. Marcelo sukses menjaringkan bola ke gawang Victor valdes meski mendapat kawalan dua pemain lawan.

Barca memberi kesempatan kepada Eric Abidal yang baru saja menjalani operasi untuk masuk menggantikan Puyol di menit 90. Meski kedua tim sama-sama ngotot untuk menambah gol, tapi samapi peluit akhir dibunyikan, kedudukan tetap imbang 1-1. Diakhir laga, tampak para pemain Barca meluapkan kegembiraan dengan mngangkat ramai-ramai tubuh eric abidal.

Barcelona akhirnya kembali ke Wembley. Di tempat ini tahun 1992 lalu, Barca sukses meraih trofi Piala Champions, jadi apakah tahun ini juga akan sukses? kita lihat saja nanti

Susunan Pemain:
Barcelona: Victor Valdez; Gerard Pique, Javier Mascherano, Carles Puyol (Abidal 90), Dani Alves; Sergio Busquets, Andres Iniesta, Xavi; David Villa (Seydou Keita 73), Lionel Messi, Pedro

Real Madrid: Iker Casillas; Raul Albiol, Ricardo Carvalho, Marcelo, Alvaro Arbeloa; Xabi Alonso, Lassana Diarra, Angel Di Maria, Cristiano Ronaldo; Gonzalo Higuain (Adebayor 55), Kaka (Oezil 60)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar