Selasa, 03 Mei 2011

Olahraga Hidup Baru, Asyik juga nihh



Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Sayangnya banyak orang malas berolahraga. Banayak alasan diajukan, karena keterbatasan fasilitas dan sarana penunjang kegiatan olahraga salah satunya. Tapi karena manfaat yang begitu banyak dari olahraga, maka sebaikya Anda melakukan satu olahraga rutin yang sesuai dengan kondisi Anda. Ada satu olahraga yang sangat mudah dan murah yang bisa Anda lakukan dimana saja dan kapan saja ada waktu luang (bahkan dikantor) namanya adalah Olahraga Hidup Baru, biasa disingkat Orhiba.

Orhiba bisa dilakukan diruangan terbatas dan tidak terikat waktu. Gerakan dalam Olahraga Hidup Baru sangat sederhana, mudah dan praktis, tapi bermanfaat. Bisa dilakukan oleh siapapun, anak-anak, orang dewasa maupun tua, yang sehat maupun menderita penyakit.

Praktis karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa perlu pakaian khusus atau peralatan apapun. Anda hanya perlu meluangkan waktu 5 sampai 10 menit setiap kali latihan. Anda bahkan tidak perlu meninggalkan rumah untuk melakukannya, cukup dihalaman saja atau didalam ruang juga tidak apa-apa asal sirkulasi udaranya bagus.

Olah raga hidup baru membantu memberi harapan bagi pasien yang sulit sembuh. Ada beberapa pasien penyakit yang secara medis dinyatakan tidak memiliki harapan hidup lebih lama karena sakitnya sudah terlalu parah atau belum ada obatnya, antara lain diabetes, kanker, pasien asma, liver, ginjal dan tumor, gangguan jantung dan lumpuh akibat stroke, setelah melakukan Orhiba dengan tertib dan teratur selama beberapa bulan ternyata mampu mengatasi penyakitnya dan sehat kembali.

Dalam situs resminya, http://Orhiba.info ada 24 macam variasi gerakan yang bisa Anda lakukan. Gerakan yang paling umum adalah mengayunkan lengan kebelakang dengan sikap tegak.

Menurut pelatih Orhiba, Sita Sudjono, kunci dari Orhiba adalah pada chakra (pusat-pusat energi yang ada di punggung). Energinya diperoleh dengan membuang napas dan kemudian energi akan diserap pori-pori kulit dan chakra. Olahraga ini bisa dilakukan kapan saja, 3 kali dalam sehari dan setiap hari. Bagusnya sih tiap pagi untuk mengisi badan dengan energi. Seperti handphone yang harus di-charge, tubuh juga perlu di-charge agar tenaga tidak terkuras untuk melakukan aktifitas sepanjang hari. Olahraga ini nggak ada syarat, nggak ada pantangan juga. Tapi harus memulai dengan memusatkan pikiran dengan alam semesta, mengasihi tubuh dan menganggap bahwa tubuh adalah yang paling penting.

Berikut panduan melakukan latihan Orhiba:

Tahap persiapan
1. Berdiri tegak tanpa alas kaki, tumit rapat. Jari-jari kaki direnggangkan secukupnya. Pusatkan pikiran dan hubungkan diri dengan Tuhan. Sadarilah bahwa badan adalah ciptaan yang paling sempurna.

2. Perhatikan dan lihat badan jasmani, timbulkan rasa kasih kepada badan sendirim bayangkan daging di bawah kulit.

3. Sentuhlah (raba) seluruh badan mulai dari lengan kanan, lengan kiri, dada, perut, paha, lutut, kaki, pundak, leher, kepala dan wajah.

4. Waktu meraba wajah dengan kedua tangan, bayangkan wajah sendiri.

5. Tegakkan punggung, busungkan rongga dada, kuatkan perut, otot-otot di bawah perut, otot-otot punggung. Kuatkan pusat dada dan timbulkan hasrat (niat) untuk melakukan olahraga hidup agar badan daging tetap hidup.



Tahap latihan
1. Dalam sikap seperti di atas, bentangkan lengan ke samping (rata bahu), lalu putar kedua lengan dengan kuat ke arah belakang, membuat lingkaran sebesar mungkin. Lakukan gerakan memutar lengan secara terus-menerus tanpa terputus-putus.
2. Ketika lengan bergerak ke atas kuatkan otot-otot perut, tumit akan terangkat sedikit kira-kira 2 cm (tetapi jangan berjingkat atau jinjit). Kuatkan otot-otot punggung ketika lengan menurun dan tumit menyentuh lantai.
3. Selama latihan, otot-otot badan harus tegang, dada tetap dibusungkan, jakun ditarik ke belakang. Buka mulut sedikit agar udara dapat keluar-masuk dengan leluasa. Lihat atau bayangkan langit biru (alam semesta).
4. Setelah cukup memutar lengan sesuia dengan kemampuan, hentikan gerakan lengan tetapi usahakan badan tetap tegang, tanpa bernapas selama beberapa detik. Lalu lepaskan ketegangan badan, berdiri dan bernapas biasa kembali.

Tahap penutup
Sekali lagi raba-raba seluruh badan daging seperti pada tahap awal. Panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan dengan harapan semoga badan senantiasa sehat, kuat dan hidup.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam waktu yang singkat, latihan Orhiba harus dilakukan 3 sampai 5 kali dalam sehari.

Pada permulaan, lakukanlah 25 atau 50 kali putaran saja. Bagi orang yang tubuhnya lemah karena sedang sakit atau usia lanjut, jumlah gerakan memutar lengan dilakukan menurut kemampuan. Jangan sekali-kali memaksakan diri!

Secara bertahap jumlah putaran lengan dapat ditingkatkan hingga mencapai minimum 200 kali. Jika telah mampu melakukan 200 kali putaran, hendaknya jumlah itu jangan dikurangi lagi. Latihan dapat diulang-ulang dengan jarak waktu 30 menit atau lebih.

Banyak manfaat kesehatan yang didapatkan dengan rutin melakukan latihan Orhiba, antara lain sebagai berikut:
1. Setiap kali selesai latihan, badan terasa segar karena ada energi diterima oleh tubuh
2. Baik untuk mengatasi obesitas, karena selera makan diatur oleh tubuh sesuai kebutuhan
3. Menghilangkan stres, depresi, perasaan jadi optimis, tenang, tegar dan lebih percaya diri
4. Meningkatkan IQ anak, menambah intelijensia, mudah menyerap pelajaran.
5. Menyehatkan tubuh
6. Dapat menghilangkan keinginan merokok.

Untuk lebih jelasnya Anda dapat mengunjungai Yayasan Olahraga Hidup Baru
di http://orhiba.info/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar