Jumat, 17 Juni 2011

Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi 2011

Jika nanti pada tanggal 30 Juni nama Anda tidak lolos ujian Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), jangan bersedih hati dulu. Pada tahun 2011 ini masih ada Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) yang akan dilaksanakan 9 Juli 2011.

Ujian masuk bersama perguruan tinggi ini bisa menjadi alternatif bagi calon mahasiswa baru. Jika Anda mendaftar sebagai peserta UMB-PT, anda dapat memilih 7 (tujuh) program studi sekaligus di 7 (tujuh) perguruan tinggi baik negeri atau swasta.

Ada 10.000 kursi kosong untuk diperebutkan di Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam UMB-PT. UMB-PT diikuti oleh 12 perguruan tinggi negeri (PTN), yaitu Universitas Sumatera Utara, Universitas Syiah Kuala, Universitas Riau, Universitas Malikussaleh, Universitas Jambi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Palangka Raya, dan UIN Alaudin Makassar.

Masih ditambah oleh 8 perguruan tinggi swasta (PTS), yaitu Universitas Trisakti, Universitas Bakrie, Universitas Islam Sumatera Utara, Universitas Yarsi, Universitas Nasional, Universitas Pancasila, Universitas Widyatama, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, dan International Development Program.

Peserta UMB-PT dibagi ke dalam 2 kelompok ujian dan dikelompokkan lagi dalam beberapa jenis kategori biaya. Jenis pertama, peserta untuk kelompok ujian IPA dan IPS dengan biaya pendaftaran Rp 275.000 sampai Rp 375.000.

Jenis kedua, peserta yang memilih kelompok ujian IPC (IPA dan IPS). Peserta pada kelompok ini dikenai biaya pendaftaran mulai dari Rp 300.000 sampai Rp 400.000. Para peserta UMB-PT dapat memilih lima sampai tujuh program studi, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Bagi yang ingin mengikuti UMB-PT ini, pendaftaran dan informasi lainnya dapat anda lihat di www.spmb.or.id atau
www.penerimaan.spmb.or.id/umb/utama
mulai tanggal 1 Juli sampai 7 Juli 2011 pukul 24.00.

Ujian akan dilaksanakan pada 9 Juli 2011. Dan hasil UMB-PT akan diumumkan mulai pukul 18.00 pada 17 Juli melalui http://penerimaan.spmb.or.id.

1 komentar: