Selasa, 26 Juli 2011

Cara Mengatasi Rambut Beruban



Rambut uban munucul sebagai gejala adanya gangguan pada sintesa protein. Sel melanosit menjadi tidak mampu lagi menghasilkan pigmen (melanin) sehingga rambut menjadi kehilangan warna atau putih. Kejadian ini seringkali dihubungkan dengan faktor usia. Bertambahnya usia bertambah juga ubannya, meski tidak selalu demikian. Saya sejak SMA sudah beruban meski sedikit.

Nah penyebab lain yang bisa memicu munculnya uban walau usia masih muda adalah faktor genetik. Ini merupakan faktor pencetus yang cukup kuat. Jika orang tua Anda sudah beruban ketika masuk usia 30-an, kemungkinan besar Anda pun akan mengalami hal yang sama nantinya.

Penyebab lainnya adalah stres, kurang gizi, syok, kekhawatiran atau kesedihan yang terlalu dalam, ketegangan, dan sakit keras. Hal-hal tersebut bisa memperlambat produksi melanin lalu muncullah rambut putih atau uban. Ada juga kepercayaan- yang mengatakan kalau kita mencabut uban kita, maka uban yang muncul akan semakin banyak -karena itu aku disuruh tidakmencabut uban :-) Tapi ini hanya mitos saja. Saat ada uban terlihat, artinya ada masalah dengan produksi melanin. Jadi pada saat uban dicabut, kemungkinan besar memang sudah ada beberapa uban lain yang akan tumbuh. Jadi cuma belum terlihat saja.

Cara Mengatasi Rambut Beruban Secara Alami.
Berikut tips yang bisa dicoba untuk mengatasi rambut beruban/putih:

1. Campurkan minyak kelapa dan air jeruk nipis dan usapkan pada rambut, ratakan remas-remas dan biarkan selama 15 menit lalu dibilas. Banyak wanita yang melakukan cara ini setiap hari dan rambutnya bisa tetap hitam sampai usia 60-an.

2. Cara favoritku, ambil secangkir teh yang pekat dan tambahkan satu sendok makan garam -teh yang sudah basi saja biar gak boros ;-). Tuangkan ketangan lalu usapkan ke rambut disertai pijatan pada kulit kepala. Biarkan selama satu jam baru kemudian bilas dengan air dingin tanpa sampo.

3. Untuk menghitamkan rambut beruban secara alami, gunakan saja daun pacar rambut.

4. Beri nutrisi/vitamin dan mineral yang cukup pada rambut.
Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan membuat rambut lebih bersinar. Vitamin A banyak terdapat di sayuran berwarna hijau, dan buah-buahan berwarna merah dan kuning.
Vitamin B berfungsi melancarkan produksi minyak untuk menjaga kelembaban dan kesehatan rambut. Vitamin B banyak terdapat pada sayuran hijau daun, sereal, hati, yogurt, pisang.
Mineral yang penting bagi rambut adalah zinc, zat besi, dan copper. Mineral-mineral ini dapat diperoleh dari daging (meat), daging ayam, sayuran, telur, biji-bijian, dan ikan laut.
Protein, terutama protein nabati sangat penting untuk menjaga tekstur rambut dan membuatnya tetap bersinar. Bisa didapat dalam biji-bijian, terutama kedelai.

Pewarna Rambut Alami



Daun pacar cina ternyata bisa digunakan sebagai pewarna/cat/semir alami rambut yang tentunya aman bagi rambut dan kulit kepala kita.
Caranya mudah : ambil daun pacar cina sesuai kebutuhan, cuci sampai bersih,lalu ditambah sedikit air dandi blender. Setelah itu saring airnya. Air sari inilah yang digunakan. Caranya, oles dan ratakan pada rambut Nada. Diamkan selama kurang lebih 30 menit agar pewarnaan sempurna. Setelah itu jangan lupa untukmencuci rambut dengan shampo agar bersih, lalu keringkan. Bila rambut terasa kering, Anda bisa menggunakan conditioner setelah menggunakan shampo.
Oh ya, daun pacar cina juga bisa di buat untuk pewarna kuku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar