Senin, 25 Juli 2011

Forlan - Suarez duet Maut Uruguay

Diego Forlan dan Luiz Luarez menjadi pahlawan Uruguay saat menjuarai turnamen copa America 2011. Diego Forlan mencetak 2 gol di pertandingan final melawan Paraguay.

Sejak awal fase grup sampai laga semifinal, Forlan gagal membobol gawang lawan. Meski begitu duetnya dengan Luis Suarez menjadi momok bagi pertahanan lawan. Umpan-umpannya baik melalui set piece atau open play selalu bisa membahayakan gawang lawan.

Tapi dalam 12 pertandingan terakhir Forlan tak bisa mencetak gol bagi timnas Uruguay terakhir mencetak gol saat di Dunia 2010 dan merupakan salah satu topskorer. Tapi bagi pelatih Uruguay Forlan tetaplah striker kelas atas. Dan Forlan membayar kepercayaan peltihnya di saat yang tepat. Ia mampu mencetak 2 dari 3 gol kemenangan Uruguay atas Paraguay di laga final Copa America 2011 hari Senin (25/7/2011) WIB.

Sampai saat ini Diego Forlan sudah membela timans sebanya 82 kali dengan koleksi 31 gol. Ini sangant special karena menjadi pemain Uruguay dengan caps terbanyak dan menyamai rekor pencetak gol terbanyak milik Hector Sarone (31 gol). Ia masih bisa menambah rekornya dan menjadi legenda hidup uruguay karena ia masih aktif bermain.

Selain itu keberhasilan Forlan membawa Uruguay juara juga menjaga tradisi keluarganya. Kakek dan ayahnya juga sukses membawa Uruguay juara di turnamen yang sama, tentu dengan tahun yang berbeda.

Juan Carlos Carazo, kakeknya membawa Uruguay juara saat menangani tim itu tahun 1959. Sedang ayahnya adalah pemain timnas era 60-70an dan meraih juara Copa tahun 1967.

Sedang bagi Luis Suarez yang juga berperan besar membawa Uruguay meraih juara Copa America 2011, membuat pemain berjuluk El Pistolero itu mendapat gelar pemain terbaik copa America 2011.

Suarez mencetak gol di laga pembuka saat bersua Peru, tapi dia tak mencetak gol di tiga laga selanjutnya. Ia hanya bisa mencetak gol saat adu pinalti lawan Argentina. peru kembali menjadi lumbung gol baginya setelah di laga semifinal lawan Peru pemain Liverpool ini mencetak dua gol untuk membawa Uruguay ke final.

Luis Suarez akhirnya berhasil membayar tuntas kepercayaan pelatih Uruguay setelah ia mencetak gol pembuka kemenangan 3-0 Uruguay atas Paraguay di partai final.Meski hanya mencetak satu gol di final tapi aksi-aksinya sangat merepotkan pertahanan Paraguay dan memaksa kiper Justo Villar berjibaku menyelamatkan gawangnya. Satu assist-nya juga sukses dimanfaatkan Diego Forlan mencetak gol keduanya sekaligus gol ketiga Uruguay di penghujung laga.

Hanya sayang Suarez gagal meraih gelar topskorer, karena kalah 1 gol dari striker Peru Paulo Guerrero yang menjadi top skorer dengan 5 gol. Suarez tentu tak perlu kecewa karena meraih trofi juara dan gelar Most Valuable Player (MVP) Copa America 2011.

Suarez sudah mengoleksi 48 caps dengan 21 gol bagi timnas Uruguay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar