Jumat, 29 Juli 2011

Kemenangan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2014

HAsil pertandingan leg 2 putaran ke-2 kualifikasi piala dunia 2014 antara Indonesia vs Turkmenistan berakhir dengan kemenangan Indonesia dengan skor 4-3 di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (28/7/2011) tadi malam. Indonesia sudah berhasil unggul 3-0 di akhir babak pertama. Dengan hasil ini maka Indonesia lolos ke babak ketiga (fase grup)kualifikasi piala dunia sepak bola dengan keunggulan agregat 5-4 setelah di leg pertama di Ashgabat, mampu menahan imbang tuan rumah 1-1.

Jalannya pertandingan
Indonesia sudah unggul 1-0 ketika pertandingan baru memasuki menit kesembilan melalui tandukan Gonzales meneruskan umpan silang dari M Ilham dari sisi kanan.

Indonesia menggandakan keunggulan jadi 2-0 menit ke-18 melalui tendangan Gonzales. Kali ini Gonzales memanfaatkan umpan Boaz Solossa dari sektor kiri Indonesia.

Tiga menit jelang babak pertama berakhir, Indonesia kembali unggul 3-0. Gol cantik ini tercipta melalui tendangan keras Muhammad Nasuha dari jarak 25 meter yang sukses bersarang di gawang Maksatmyrat Shamuradov.

Memasuki babak kedua, Indonesia masih terus mengurung pertahanan Turkmenistan dan memperoleh sejumlah peluang, tapi penyelesaian akhir yang buruk membuat peluang itu gagal berbuah gol. Petaka justru datang ke kubu Indonesia. Berkurangnya stamina dan konsentrasi membuat Turkmenistan mampu memanfaatkan keadaan di menit 72. Berawal dari tendangan sudut Arslanmurad Amanov bergulir masuk gawang Feri Rotin Sulu. Skor berubah jadi 3-1 untuk Indonesia.

Gol ini membuat timnas tersentak dan segera bereaksi 4 menit berselang. Boaz Salosa membangun serangan, bola disodorkan kepada Ridwan yang dengan tendangan keras menyarangkan bola di sudut gawang Turkmenistan. Indonesia menjauh lagi 4-1.

Di menit 79 pemain Turkmenistan, Bahtiyar Hojaahmedov mendapat kartu merah. Kalah jumlah gol dan pemain Turkmenistan justru mampu lepas/ nothing to lose dan memberi tekanan ke pertahanan Indonesia.

Menit 82 Kerja sama yang apik antara Chonkaev dengan Berdy Shamuradov diakhiri dengan satu sepakan terarah Berdy dan gol. Tiga menit berselang atau menit 85, Gahrymanberdy Chonkaev mampu membobol gawang Feri dengan satu sontekan pelan dari mulut gawang. Turkmenistan mengubah skor jadi 3-4. Dan senam jantung suporter Indonesia pun dimulai.... jika Turkemnistan mampu mencetak satu gol lagi maka Indonesia akan tersingkir...

Karena itu maka para pemain Indonesia meningkatkan kewaspadaan dan kembali membangun serangan. Hasilnya di menit 93, Ahmad Bustomi nyaris menambah gol jika saja sepakannya tidak membentur tiang kiri gawang Tukrmenistan.

Tidak lama berselang wasit Benjamin Williams asal Australia meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dan Indonesia mengunci kemenangan 4-3 dan lolos ke fase grup kualifikasi Piala Dunia 2014 Brasil.

Susunan pemain:
Indonesia: Feri Rotin Sulu, M Nasuha, Zulkifli Syukur, Ricardo Salampessy (Hamka Hamzah 85), M Roby; M Ridwan, Firman Utina, Ahmad Bustomi, M Ilham (Okto Maniani 75); Boaz Solossa, Cristian Gonzales

Turkmenistan: Maksatmyrat Shamuradov; Gocguly Gochkuliev, Begli Annageldiyev (Serdar Annaorazov 46), Maksim Belyh, David Sarkisov; Guvanch Hangeldiyev (Arslanmurad Amanov 46), Bahtiyar Hojaahmedov, Guvanch Abylov; Berdy Shamuradov, Ruslan Mingazov (Aleksandr Boliyan 64), Gahrymanberdy Conkhaev

Tidak ada komentar:

Posting Komentar