Senin, 08 Agustus 2011

Manchester United dan AC Milan Juara Piala Super

Manchester United secara luar biasa memukul Manchester City dalam perebutan Community Shield di Wembley, 3-2. Luar biasa karena Manchester United sempat tertinggal dua gol lebih dulu di akhir babak pertama pada pertandingan yang mempertemukan pemenang piala FA dan juara EPL hari Minggu (7/8/2011) malam wib.

Seperti pertandingan derby pada umumnya, sejumlah pelanggaran keras dan kartu kuning serta beberapa insiden antar pemain seperti Mario Balotelli dan Nemanja Vidic serta Dzeko dan Anderson mewarnai pertandingan ini. Pemain City, Micah Richards, bahkan melakukan pelanggaran berbahaya terhadap Ashley Young di menit ke-22 tapi ia beruntung hanya mendapat kartu kuning oleh wasit Phil Dowd.

Gelar ini menjadi gelar Community Shield ke-19 yang diraih Manchester United yang membuat mereka tercatat sebagai tim tersukses di ajang ini. Uniknya, tim asuhan Ferguson ini juga memegang rekor gelar juara Premier League, 19 kali.

Manchester United sebenarnya tampil dominan di pertandingan itu dan mendapat lebih banyak peluang sejak awal pertandingan. Tapi, mereka justru ketinggalan lebih dulu oleh gol Joleon Lescott di menit ke-38. Gol berawal dari tendangan bebas David Silva yang mengarah ke kepala Lescot

Gawang Manchester United yang dikawal kiper barunya, David De Gea kembali bobol di ujung babak pertama oleh tembakan jarak jauh Edin Dzeko. Ketinggalan 0-2 membuat Sir Alex Ferguson melakukan sejumlah perubahan di babak ke-2. Fergie menarik keluar pemain senior seperti Nemanja Vidic, Rio Ferdinand dan Michael Carrick dan menggantikan mereka dengan trio pemain muda, Phil Jones, Jonny Evans dan Tom Cleverley.

Perubahan yang dilakukan Sir Alex berbuah manis setelah Chris Smalling menyambar tendangan bebas Ashley Young di menit ke-52 dan memperkecil ketertinggalan Manchester United menjadi 1-2. Tujuh menit berselang, Manchester United berhasil menyamakan kedudukan setelah Nani menaklukkan kiper Joe Hart dengan tendangan lob hasil kerja sama dengan Wayne Rooney dan Cleverley.

Petaka bagi City justru datang saat pertandingan kurang dari 1 menit. Nani berhasil merebut bola dari bek City, Vincent Kompany, di dekat garis tengah lapangan pada menit ke-93 (+ 4 menit tambahan waktu). Nani dengan cepat mendrible bola menuju kotak penalti dan mampu melewati Hart serta mencetak gol keduanya pada petandingan itu. Nani akhirnya terpilih sebagai Man of the match dan mendapat satu tempat di starting line up Sir Alex musim ini.

Sementara itu Deby panas juga terjadi pada pertandingan sepak bola Piala Super Italia hari Sabtu (6/8/2011) WIB, juara Serie A Italia, AC Milan bertemu rival sekota Inter Milan yang meraih Copa Italia. Dalam pertandingan di Beijing National Stadium, China, Inter lebih dulu unggul pada menit ke-22 setelah tendangan bebas melengkung Wesley Sneijder gagal dibendung Christian Abbiati.

AC Milan baru bisa bangkit pada babak kedua. Milan menyamakan kedudukan pada menit ke-58 melalui sundulan Zlatan Ibrahimovic.
AC Milan akhirnya keluar sebagai juara Piala Super Italia setelah Sontekan gelandang internasional Ghana, Kevin-Prince Boateng bersarang di gawang Inter.

Hasil ini membuat koleksi trofi Piala Super Italia milik Milan bertambah jadi 6. Sebelumnya, mereka jadi juara pada tahun 1988, 1992, 1993, 1994, dan 2004. Sementara bagi Inter milan, kekalahan ini menjadi awal yang kurang baik bagi pelatih baru mereka, Gian Piero Gasperini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar