Senin, 08 Agustus 2011

Manfaat Puasa Bagi Anak-anak

Anak-anak memang tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Tapi bukan berarti mereka tidak boleh atau tidak perlu berpuasa. Asal dilakukan dengan benar dan ikhlas, puasa dapat memberi banyak manfaat pada anak-anak.

Berikut ini 5 manfaat puasa bagi anak-anak.

1. Melatih anak mengendalikan emosinya, termasuk mendidik anak berdisiplin, jujur, dan mengendalikan diri sebab harus menahan haus dan lapar sampai pada waktu yang ditentukan.

2. Membangun empati anak. Contoh, anak akan lebih menghargai makanan, juga tahu rasanya orang lain yang tidak bisa makan setiap hari.

3. Melatih anak beribadah. Puasa adalah ibadah wajib bagi umat Islam, mengenalkan puasa sejak kecil akan membuat mereka terbiasa puasa saat sudah besar nanti. Termasuk juga ktivitas ibadah lain di bulan puasa seperti salat berjamaah, mengaji, hafalan doa dan sebagainya.

4. Menyeimbangkan fungsi tubuh, utamanya sistem pencernaan. Saat berpuasa, tubuh akan mengalami detoksifikasi, yaitu proses membuang racun-racun dari dalam tubuh dan membersihkan sistem pencernaan.

5. Membuat anak lebih sehat. Puasa terbukti menyehatkan badan jika dilakukan secara benar. Puasa juga sangat bermanfaat bagi otak manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar