Sabtu, 03 September 2011

Hasil Pertandingan Indonesia vs Iran di Pra Piala Dunia 2014


Hasil pra-piala dunia 2014 zona Asia, Indonesia vs Iran berakhir dengan skor 0-3 untuk kemenangan tuan rumah Iran.

Timnas Indonesia gagal mencuri poin dari tuan rumah saat berjumpa di partai perdana putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia. Bermain di Azadi Stadium, Iran, Jumat (2/9/2011) malam WIB, Indonesia kalah 0-3.

Indonesia kehilangan beberapa pilar penting, seperti Boaz Solossa, Ahmad Bustomi, dan Muhammad Nasuha absen dengan berbagai alasan. Meski begitu Timnas Indonesia mampu menahan gempuran tuan rumah pada babak pertama. Sampai turun minum, skor imbang 0-0.

Sayangnya di babak kedua, pertahanan Indonesia jebol juga. 3 gol pun bersarang di gawang yang dijaga oleh Markus Horison. Dua gol melalui sundulan Javad Nekounam, satu gol dicetak oleh Andranik Teymourian.

Dengan kekalahan ini, Indonesia untuk sementara menghuni posisi juru kunci Grup E dengan poin nol. Iran di puncak klasemen dengan poin tiga. Hal ini tak lepas dari hasil pertandingan lain di grup ini yaitu, Bahrain dan Qatar yang bermain imbang 0-0.

Jalannya pertandingan

Tuan rumah sudah mengambil inisiatif serangan sejak awal laga. Di menit ke-23, terjadi sebuah pelanggaran di depan kotak penalti Indonesia, untungnya tendangan bebas Iran yang dieksekusi Javad Nekounam masih melambung.

Hanya berselang 4 menit, gawang Markus kembali mendapat ancaman. Tendangan keras Ghasem Hadadifar masih melenceng di samping gawang. Begitu juga upaya Mohammad Reza Khalatbari menit ke-31, juga masih gagal setelah tendangannya melambung tipis.

Indonesia baru mendapatkan peluang di menit 36. Kerja sama Cristian Gonzales dan Bambang Pamungkas dituntaskan oleh Bepe dengan tendangan keras kaki kiri dari luar kotak penalti. Sayang, bola malah melambung.

Dua menit jelang jeda, tendangan bebas Nekounam masih mampu diredam oleh Markus. Babak pertama selesai dengan skor masih imbang 0-0.

Pada awal babak kedua, taktik Iran masih sama. Mengandalkan postur tubuh yang lebih tinggi, umpan-umpan silang ke mulut gawang Indonesia akhirnya berbuah gol di menit ke-53. Berawal dari tendangan bebas rekannya, Nekounam berhasil menyundul bola dan mengarahkannya ke pojok gawang Indonesia, 1-0.

Indonesia balik mengancam di menit ke-61, aksi individu Muhammad Ilham dari lini tengah mampu melewati beberapa pemain, lalu ia melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayang bola masih melambung.

Menit 63, Gholam Reza Rezaei melakukan tendangan dari luar kotak penalti, untungnya masih tepat mengarah ke Markus.

Tapi di menit ke-74 Indonesia kebobolan lagi. Berawal dari tendangan bebas Andranik Teymourian, sundulan Nekounam kembali mengoyak gawang Markus. Empat menit sebelum waktu normal berakhir, sepakan keras Teymourian mampu menjebol gawang Indonesia. 3-0.

Susunan pemain:
Iran: Mahdi Rahmati, Khosro Heidari, Jalal Hosseini, Hadi Aghili, Javad Nekounam, Ghasem Hadadifar (Andranik Teymourian 70'), Mehrdad Pooladi, Farhad Majidi, Ali Karimi, Mohammad Reza Khalatbari (Ehsan Haji Safi 65'), Gholam Reza Rezaei (Mohammad Hosseini 64')

Indonesia: Markus Horison, Zulkifli Syukur, Benny Wahyudi, Muhammad Roby, Hamka Hamzah, Hariono (Tony Sucipto 78'), Firman Utina (Oktovianus Maniani 81'), Muhammad Ridwan, Muhammad Ilham (Irfan Bachdim 61'), Bambang Pamungkas, Cristian Gonzales

Hasil pertandingan pra piala dunia zona Asia lainnya

Bahrain yang menjamu Qatar di Bahrain National Stadium, Sabtu (3/9/2011) dinihari WIB, gagal mencetak gol hingga laga usai. Kedua tim harus puas dengan skor akhir 0-0. Dengan hasil ini, Bahrain dan Qatar menempati posisi kedua dan ketiga klasemen Grup E dengan 1 poin. Iran dengan 3 poin, plus 3 gol berada di puncak klasemen. Sementara Indonesia ada di posisi juru kunci dengan poin nol minus 3 gol.

Dari Grup A, Irak kalah dari tamunya Yordania dengan skor 0-2. Dua gol Yordania diciptakan oleh Hassan Abdel Fattah dan Abdullah Deeb.

Di Grup B, tuan rumah Uni Emirat Arab juga kalah oleh Kuwait dengan skor 3-2. Kuwait unggul melalui gol Yousef Nasser (2 gol) dan Bader Al-Mutwa, sebelum UEA membalas lewat Ismail Al Hammadi dan Ahmad Khalil.

Hasil lengkap pertandingan pertama putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia:

Grup A:
China 2-1 Singapura
Irak 0-2 Yordania

Grup B:
Korea Selatan 6-0 Lebanon
UEA 2-3 Kuwait

Grup C:
Jepang 1-0 Korea Utara
Tajikistan 0-1 Uzbekistan

Grup D:
Australia 2-1 Thailand
Oman 0-0 Arab Saudi

Grup E:
Iran 3-0 Indonesia
Bahrain 0-0 Qatar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar