Senin, 24 Oktober 2011

Selamat Jalan Marco 'Super Sic' Simoncelli



Marco Simoncelli - 24 tahun- rider tim San Carlo Gresini Honda meninggal setelah terjatuh dari sepeda motornya di lap kedua MotoGP Malaysia, di sirkuit Sepang, Minggu (23/10/2011), ia kemudian tertabrak oleh pembalap lain yang melaju kencang di belakangnya. Kecelakaan ini tak terhindarkan. Ia sempat dilarikan ke rumah sakit memakai ambulans, tapi jiwanya tak tertolong.

GP Sepang pada hari Minggu siang kemarin menjadi balapan terakhir bagi Marco Simoncelli. Super Sic julukan Simoncelli mengalami kecelakaan hebat dan akhirnya tewas dalam balapan di sirkuit sepang. Kecelakaan itu terjadi di lap 2. Kecelakaan terjadi ketika motor Simoncelli tergelincir saat sedang menikung. Kecelakaan seperti ini biasa terjadi padanya, tetapi kali ini berbeda. Simoncelli terjatuh di tengah lintasan, akibatnya ia tertabrak motor Colin Edwards dan Valentino Rossi yang tengah melaju di belakangnya. Red flag dikibarkan dan balapan dihentikan. Saat mengalami kecelakaan, helm Marco Simoncelli terlihat sampai terlepas dari kepalanya. Kondisinya sungguh parah.

Edwards sempat terseret ke pinggir lintasan, tetapi ia masih bisa bangun kembali. Sedang motor Rossi sempat oleng, namun ia masih bisa mengembalikan keseimbangannya dan melaju dengan pelan. Colin Edwards dinyatakan mengalami dislokasi bahu tapi keadaannya baik-baik saja.

Tim Medis dalam konferensi pers melalui Direktur medis Dr Michele Macchiagodena memberitahukan mengenai kematian Marco Simoncelli karena kecelakaan parah. Simonncelli tewas akibat ada trauma dibagian kepala, leher dan dada

"Saat tim kami sampai, ia tak sadarkan diri. Saat ambulans datang, ia langsung diberikan CPR dan juga mendapatkan perawatan standar lainnya. CPR terus diberikan selama 45 menit karena bisa menolongnya. Sayangnya itu tidak bisa membantunya. Ia meninggal pukul 16.56 (-waktu Malaysia)"

Pihak penyelenggara MotoGP Malaysia pun akhirnya memutuskan untuk membatalkan balapan setelah sebelumnya mengabarkan bahwa balapan akan dimulai lagi (re-start) beberapa saat setelah jeda atau sekitar pukul 16.45.



Prestasi Simoncelli
Sebelum pindah ke balap MotoGP, Simoncelli pernah menjadi juara Eropa di kelas 125cc. Ia masuk level Grand Prix pada tahun 2002 bersama tim Aprilia di kelas 125cc. Prestasinya selalu naik: dari finis nomor 33 menjadi 21, 11, dan lima besar di tahun 2005.

Di tahun 2006, Super Sic direkrut tim Gilera dan naik ke kelas 250cc. Di musim 2008 ia berhasil menjadi juara dunia. Kepastian titel juara dunia itu diperoleh saat ia finis di posisi tiga pada balapan di sirkuit Sepang!

Kecelakaan maut yang terjadi di Sepang adalah yang terburuk di MotoGP semenjak kecelakaan yang pernah terjadi pada Daijiro Katoh dari tim Telefonica Movistar Honda Gresini. Daijiro Katoh juga tewas karena cedera di seri Jepang 2003. Selain itu juga kecelakaan maut yang menimpa pembalap dari kelas Moto2, yaitu Showa Tomizawa. Ia juga menjadi pembalap yang tewas di lintasan balap pada September musim lalu.

Dunia balap sebenarnya juga baru saja kehilangan salah satu kontenstan terbaiknya. Baru sekitar seminggu yang lalu terjadi kecelakaan di ajang British IndyCar di Las Vegas yang menewaskan Dan Wheldon.

Autosport is dangerous.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar