Jumat, 20 Januari 2012

Info Bisnis: Membuat Game

Info bisnis komputer: membuat game, baik game online, konsol, pc game, atau mobile games. Game selalu punya tempat dihati masyarakat. Facebook bisa besar seperti sekarang salah satunya karena ada banyak permainan/ games yang tersedia disana. Industri game juga lebih tahan terhadap krisis karena disukai dan dibutuhkan masyarakat khususnya kaum muda yang kondisi keuangannya hampir selalu terisi. Anak-anak sekarang banayak yang lebih senang membelanjakan uangnya untuk bermain game daripada membeli makanan! Jadi ini adalah peluang bisnis yang bagus.

Bahasa pemrograman apa yang biasa dipakai untuk membuat game komputer? Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat game. Tetapi penerapannya sangat bergantung pada platform teknologi yang dipakai. Untuk game komputer beberapa bahasa yang umum digunakan adalah:

Objective-C adalah bahasa pemrograman spesifik yang digunakan untuk membuat game di komputer Apple dengan Mac OS-nya.

C++ salah satu bahasa pemrograman yang sudah ada cukup lama dan masih banyak digunakan untuk membuat game desktop, mulai dari Crayon Physics Deluxe sampai game compleks macam Crysis 2.

Selain C++ ada C# yang dapat digunakan dalam membuat pc game/ game desktop menggunakan XNA, DirectX, atau Unity3D. C# juga dapat digunakan untuk membuat web based game menggunakan Silverlight atau Unity3D. Web game yang dibuat menggunakan C# dan Unity3D contohnya LiloCity buatan Agate Studio.

PHP, HTML, Javascript : script yang biasa digunakan untuk membuat online games (web based games) seperti Football Saga di Facebook.
Actionscript 3: biasa digunakan dalam membuat web games dalam format Flash Games. Shopping Paradise besutan Agate Studio adalah contoh game flash di Facebook. Earl Grey and that Rupert Guy juga dihasilkan dengan bahasa ini di game portal.

Java, bahasa pemrograman yang merupakan pengembangan dari bahasa C ini dapat dipakai untuk membuat pc games/desktop games, online games/web games (dengan format Java Applet), dan bisa untuk membuat mobile games. Spiral Knights adalah salah satu contoh game desktop yang dibuat dengan Java.

Meski ada banyak bahasa pemrograman, saya sarankan agar anda benar-benar menguasai salah satu. Pelajari salah satu saja dulu sampai bisa membuat sebuah game (atau aplikasi lain) sampai selesai. Pengalaman dalam membuat sebuah aplikasi sangat penting, karena melatih kemampuan programming dasar dan pembuatan algoritma. Dari sisi algoritma, antar bahasa pemrograman sebenarnya tidak jauh berbeda, karenanya saat akan belajar bahasa pemrograman lain akan terasa lebih mudah jika sudah menguasai salah satu bahasa pemrograman. Apalagi, beberapa bahasa/script adalah turunan/ pengembangan lebih lanjut dari bahasa pemrograman yang sudah ada. Contohnya bahasa C yang kemudian berkembang menjadi C++ ( baca: C plus satu), Java, dan C# (baca: C sharp), juga dipakai untuk menulis PHP (dan javascript). Jadi sintax-nya tidak terlalu berbeda jauh.

Proses dan tahapan dalam membuat game komputer umumnya menggunakan langkah-langkah:
Penggalian ide game: pengembang perlu memikirkan game seperti apa yang akan dibuat, bagaimana cara memainkannya, apa saja yang akan membuat orang merasa senang memainkan game kita, jalan cerita dan lain-lain.

Proses pra-produksi: tahapan dimana persiapan berbagai hal teknis yang berhubungan dengan game yang akan dibuat. Misal pemilihan teknologi yang akan digunakan, yaitu platform dan bahasa pemrogramannya, art direction / arahan visual dari game yang akan dibuat, dan finalisasi game design.

Proses produksi: tahapan adalah tahapan dimana kita membuat art dan programming untuk gamenya. Game yang dikembangkan sebaiknya sesering mungkin dibuat versi yang dapat dimainkan. Jadi bisa kita sebar ke komunitas game developer untuk ditest dan minta kritik dan saran.

Proses release, tahapan terakhir setelah game selesai dibuat dan dilepas ke pasar. Pada tahap ini kita perlu memperhatikan komentar dari gamers yang memainkan game itu, jika ditemukan bug atau error maka harus kita perbaiki secepatnya.

Untuk menambah wawasan tidak ada salahnya jika anda mengikuti dan tetap belajar dari internet di situs yang memberikan tutorial membuat game, misal Agatestudio.com/blog dan bergabung dengan komunitas Game Developer Indonesia di Facebook Group. Bisa juga mengikuti wokshop pelatihan game development di beberapa kota seperti Yogyakarta, Bandung dan Jakarta. Agate Studio di Bandung beberapa kali mengadakan workshop game development gratis.

Jika sebuah game mobile sudah selesai dibuat dan bisa dimainkan, bagaimana cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk menjual game itu dan menghasilkan uang?

Cara paling mudah adalah dengan menjual game tersebut ke marketplace / appstore seperti Android Marketplace, OVI Store / Nokia Store, atau iTunes Appstore, hanya saja uang / revenue yang dihasilkan dari penjualan mobile game biasanya tidak cepat atau ROI-nya cukup lama. Lebih jauh ada dua model yang biasa dilakukan:
1. menjual gamenya (game berbayar) atau dapat uang dari tiap pembelian (download) game itu.
2. mengratiskan gamenya tapi menggunakan jasa perusahaan mobile game advertising. Uang didapat dari pemasangan iklan di game itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar