Kamis, 09 Februari 2012

Fabio Capello Mundur dari Timnas Inggris

Pelatih papan atas asal Italia, Fabio Capello secara mengejutkan mundur dari timnas Inggris. Capello mengundurkan diri empat bulan sebelum kick off Piala Eropa 2012 dibunyikan. Padahal dalam kontraknya, Capello akan menangani Inggris sampai Piala Eropa berakhir. Tetapi semuanya berjalan dengan cepat. Di piala dunia lalu, Capello dinilai gagal, tapi ia mampu membayarnya dengan tampil menawan di kualifikasi Euro 2012.

Alasan Fabio Capello mundur dari timnas Inggris kemungkinan besar karena FA mencopot ban kapten dari lengan John Terry terkait kasus rasisme. Proses hukum sedang dan masih berlangsung tetapi FA sudah bertindak dengan 'menghukum' Terry. Padahal kewenangan mengangkat dan mencopot atau mengganti kapten tim sepenuhnya berada di tangan pelatih/manajer tim, dalam hal ini Capello.

Fabio Capello berpendapat, ban kapten timnas Inggris di lengan John Terry tak perlu dicopot sampai ada keputusan pengadilan. Disisi lain, sepertinya FA tidak setuju dengan Capello dan ingin segera 'bersih-bersih'. Perbedaan sikap inilah yang kemungkinan menjadi alasan bagi Capello membuat keputusan mundur dari timnas Inggris. Capello merasa keadilan ala Anglo-Saxon di mana mereka merasa yang pertama mengklaim bahwa semua orang tidak bersalah sampai terbukti bersalah. Dalam prosesnya seperti kita ketahui FA mengumumkan ke publik bahwa ban kapten Terry sudah dicabut padahal proses hukum masih berjalan dan belum ada keputusan apapun dari pengadilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar