Rabu, 29 Februari 2012

Harga BBM Bersubsidi akan Naik

Kenaikan harga BBM sepertinya tinggal menunggu waktu. Hari Selasa kemarin, Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) memberikan opsi pengendalian konsumsi bahan bakar minyak bersubsidi di hadapan Komisi VII DPR RI. Ada 2 pilihan yang diajukan pemerintah selain pembatasan konsumsi bbm bersubsidi.
1. menaikkan harga jual BBM premium dan solar sebesar Rp 500 - Rp 1.500 per liter.
2. memberikan subsidi tetap sebesar Rp 2.000 per liter untuk premium dan solar. Opsi ke-2 ini diajukan dengan pertimbangan fluktuasi harga minyak yang membuat sulitnya perhitungan keuangan. Dengan opsi ke-2 ini berapa pun nainya harga minyak tidak menjadi masalah. Subsidi akan tetap dan tidak perlu membahasnya setiap tahun.

Menurut Menteri ESDM, Jero Wacik, menaikkan harga premium dan solar menjadi Rp 6.000 per liter (naik Rp 1500) tidak bisa dihindari. Apalagi, harga minyak diprediksi terus naik. Rata-rata harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price) pada Februari 2012 sudah menyentuh angka US$ 121,75 per barel, jauh berada di atas asumsi APBN 2012 yang sebesar US$ 90 per barel.

Harga jual bensin premium sebesar Rp 6.000 per liter ini pernah berlaku di Indonesia tahun 2008 lalu. Saat harga ICP berada di angka US$ 109 per barel.

YLKI juga menilai kenaikan harga bbm bersubsidi tidak terelakkan. Tetapi mereka menilai sebaiknya kenaikan sebesar Rp 1000; Apalagi adanya rencana kenaikan tarif dasar listrik per 1 April, yang berarti akan bersamaan waktunya dengan rencana kenaikan BBM. Sedang menurut analis, kenaikan harga bbm bersubsidi akan membuat laju inflasi antara 5 - 5,5%.

Bagi rakyat berpenghasilan rendah sepertinya harus kembali berhemat dan selektif dalam membelanjakan uangnya. kenaikan harga bbm bersubsidi biasanya akan diikuti oleh naiknya harga barang-barang kebutuhan sehari-hari. Angkutan umum dalam hal ini Organda saja sudah menyatakan akan menaikkan tarif mereka sekitar 35 persen.

Sedang bagi pegawai negeri, kenaikan harga bbm bersubsidi ini mengikuti kenaikan gaji mereka yang sudah berlaku sejak awal tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar