Kamis, 22 Maret 2012

Tomcat Menyerang Jogja

Setelah menyerang bebarapa kota di Jawa Timur dan meninggalkan luka pada penduduk disana, serangga yang diduga tomcat dilaporkan juga menyerang wilayah Umbulharjo, Yogyakarta.

Serangan serangga tomcat di Jogja terjadi di RT 48/RW 07, Kelurahan Tahunan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogya. Sebanyak 12 warga Gang Sidorukun menderita gatal-gatal diduga akibat serangan Tomcat.

Warga merasakan kulit memerah seperti terbakar, terasa perih dan gatal. Menurut warga, serangga Tomcat muncul dari sawah dan mengerumuni cahaya lampu pada malam hari.

Hasil pengecekan petugas Disperindagkoptan Kota Yogya, serangga tersebut memiliki ciri fisik sama dengan Tomcat atau semut semai (rove battle).

Serangga ini dikenal sebagai kumbang rove, semacam semut besar, bersayap, dengan warna belang-belang hitam dan merah/oranye. memiliki racun yang 12 kali lebih besar dari bisa ular cobra.

Jika Anda melihat serangga ini merayap di handuk, baju, sprei atau lantai rumah sebaiknya segera dibersihkan dengan air dan sabun Hal ini karena pada saat merayap bisa saja ia mengeluarkan toksin melalui kulit tubuhnya.

Jika kulit anda terkena sengatan Tomcat segeralah cuci dengan air mengalir dan sabun. Jangan diolesi odol, minyak kayu putih, balsem, atau minyak tawon, karena hasilnya akan memperparah. Kulit yang terkena toksin Tomcat akan merah meradang mirip herpes. Luka bisa ditiup atau dikipasi dengan kertas, jangan menggaruknya karena dapat menyebabkan luka dan infeksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar