Minggu, 20 Mei 2012

Hasil Pertandingan Final Liga Champions Eropa : Chelsea Juara!

Chelsea akhirnya keluar sebagai juara Liga Champions musim 2011/2012 setelah pada pertandingan final Minggu dini hari tadi (20/5/2012) menang lewat adu pinalti. Drama adu pinalti digelar setelah kedua tim bermain imbang 1-1 dalam 90 menit waktu normal, ditambah 2x15menit extra time.

Pada pertandingan final ini, Chelsea masih mengandalkan solidnya lini pertahanan yang dijaga Gary Cahil dan David Luiz di bek tengah, sedang Didier Drogba berada di depan, didukung Mata dan Salomon Kalou. Praktis Bayern yang bermain di depan publiknya sedniri di stadion Alianz Arena menguasai laga. Meski begitu beberapa peluang yang mereka dapat tidak berbuah gol. Babak pertama berakhir 0-0.

Di babak kedua, Bayern Muenchen membuat beberapa perubahan dalam hal pergerakan pemain di mana Robben dan Ribery bisa saling bertukar posisi. Perubahan ini membawa hasil di menit ke-83. Sebuah crossing dari sisi kanan pertahanan Chelsea bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Thomas Muler. Sundulannya yang memantul tanah gagal dibendung Petr Cech.

Chelsea langsung bereaksi dengan memasukan Fernando Torres manggantikan Salomon Kalou semenit berselang, sebaliknya pelatih Bayern justru menarik Muler dan digantikan van Buyten untuk memperkuat pertahanan.

Di menit 86 pergerakan Torres memberi Chelsea sebuah tendangan sudut. Bola set piece bisa dimaksimalkan oleh Didier drogba dengan sundulan ke pojok kiri atas gawang Neuer menit ke-88. Skor berubah jadi 1-1.

Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal berakhir. Pertandingan pun dilanjutkan dalam babak ekstra, 2x15 menit. Bayern Munchen seharusnya bisa menutup 15 menit pertama dengan tambahan 1 gol setelah mereka mendapatkan hadiah pinalti. Penalti diberikan setelah Drogba melanggar Ribery di kotak terlarang. Sayangnya eksekusi penalti yang dilakukan Robben dimenit 94 itu bisa terbaca dengan baik oleh Cech - temannya saat masih membela Chelsea selama 3 musim. Penalti Robben yang gagal ini membuat skor tetap 1-1.

Pertandingan Final Liga Champions eropa antara Chelsea vs Bayern Muenchen harus diakhiri lewat drama adu penalti. Bayern Munchen mendapat giliran pertama. Philipp Lahm, Mario Gomez, dan Manuel Neuer sukses mengeksekusi penalti.

Juan mata menjadi penendang pertama Chelsea dan sayangnya ia gagal menyarangkan bola ke gawang. Beruntung David Luiz sebagai penendang kedua sukses menyarangkan bola ke gawang. Frank Lampard sebagai penendang ketiga sukses menipiskan ketertinggalan.

Ivica Olic sebagai penendang keempat Bayern gagal menjalankan tugas dengan baik setelah tendangannya terlampau lemah sehingga bisa dibendung Cech. Sementara penendang keempat chelsea, Ashley Cole sukses merubah skor jadi 3-3. Bastian Schweinsteiger sebagai penendang terakhir Munchen gagal menyarangkan bola ke dalam gawang setelah tendangannya hanya membentur tiang gawang. Schweni sepertinya sangat terpukul hingga kapten Philip Lahm menggandenganya kembali keteman-temanya.

Penendang terakhir Chelsea: Didier Drogba. Drogba dengan dingin sukses memperdaya Neuer. Drogba merubah skor jadi 4-3 untuk kemenangan Chelsea dan memberi Chelsea gelar juara Liga Champions untuk kali pertama sepanjang sejarah klub. Dengan kemenangan ini pula Chelsea berhak untuk tampil kembali di Liga Champions musim depan, meski hanya finis diurutan 6 klasemen akhir Liga Inggris. Chelsea juga meraih dua gelar musim ini: Juara Piala FA dan juara Liga Champions.

Susunan pemain
Bayern Munich: Neuer, Lahm, Contento, Tymoschuk, Boateng, Schweinsteiger, Kroos, Mueller (Van Buyten 87'), Robben, Ribery (Olic 97'), Gomez

Chelsea: Cech, Bosingwa, Cahill, Luiz, Cole, Mikel, Lampard, Kalou (Torres 84'), Mata, Bertrand (Malouda 73'), Drogba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar