Jumat, 17 Agustus 2012

Shalawat Kepada Nabi Muhammad SAW

Kenapa bershalawat kepada Nabi? Dalil yang menjadi dasar untuk shalawat dan salam adalah surat Al Ahzab ayat 56.
Perintah Allah mengenai shalawat dan salam untuk Nabi SAW:
'Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatNya bershalawat atas Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu sekalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.' (Al Ahzab:56)

Ayat tersebut menjadi dalil bagi kita untuk mengucapkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW. Mengucapkan salawat dan salam berarti mematuhi perintah Allah.
Dari Zaid bin Kharijah, Rasulullah SAW berkata: "Bershalawatlah kamu semua untukku dan bersungguh-sungguhlah dalam berdo'a." (hadits riwayat At Thabrani, Nasa'i, dsn Ahmad)
Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Beliau yang menjadi perantara bagi manusia sehingga mendapat pencerahan dalam islam. Melalui beliau wahyu-wahyu Tuhan sampai kepada kita, sehingga kita menjadi tahu mana yang baik dan benar dan mana yang salah.
Nabi Muhammad juga bisa kita jadikan contoh suri tauladan yang baik, bagaimana menjadi seorang manusia itu. Mulai dari sifat, akhlak, perkataan dan perbuatan beliau yang sedemikian baik.
Sebagai wujud kecintaan dan rasa terima kasih kita kepada beliau maka sudah seharusnya kita memperbanyak shalawat dan salam untuk Nabi Muhammad. Manfaat shalawat dan salam yang kita ucapkan itu justru baik bagi diri kita.
Manfaat dan Keutamaan membaca Shalawat
Telah berkata Rasulullah SAW: "Telah datang kepadaku utusan Rabb-ku dan dia berkata:'Siapa dari umatmu yang mengucapkan shalawat untukmu satu kali, maka Allah akan mencatat untuknya sepuluh kebaikan dan menghapus daripadanya sepuluh keburukan dan dinaikkan baginya sepuluh derajat, dan dibalas atasnya menurut berapa banyak shalawat yang ia ucapkan.'" (hadits riwayat Ahmad)
Dari Abdurrahman bin Auf, Rasulullah bersabda: "Jibril datang kepadaku dan berkata:'Hai Muhammad, tiada yang membaca shalawat untukmu kecuali akan dibacakan shalawat untuknya oleh 70 ribu malaikat, dan barang siapa dibacakan shalawat oleh malaikat maka dia termasuk ahli surga.'"
Anas ra berkata: Rasulullah SAW berkata: "Barangsiapa bershalawat untukku di dalam seharinya 1000 (seribu) kali, maka dia tidak akan mati sehingga dia digembirakan dengan surga."
Dari Abi Sa'id berkata Rasulullah bersabda:'Dimana seorang muslim yang tidak mempunyai sesuatu untuk sedekah, maka ucapkanlah dalam doanya: 'Allaahumma shalli 'alaa Muhammadin 'abdika warasuulika wa shalli 'alal mukminiina wal mukminaati wal muslimiina wal muslimaati.' (HR Tirmidzi, Abu Dawud, al hakim, Ibnu Hibban dan Ibnu Majah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar