Jumat, 19 Oktober 2012

Keutamaan Ibadah Qurban

Bulan Dzulhijjah adalah salah satu bulan suci. Ada beberapa ibadah penting yang dilaksanakan oleh umat Islam pada bulan Dzulhijah ini. Diantaranya adalah ibadah haji dan menyembelih binatang korban. Selain itu, amalan pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah sangat dicintai Allah.
Ibnu Abbas meriwayatkan sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:"Tiada hari-hari (yang beramal pada hari-hari itu), lebih dicintai Allah daripada hari-hari ini." yaitu 10 hari pertama di bulan Dzul Hijjah. Mereka (para sahabat) bertanya,'Tidak pula berjihad di jalan Allah?' Beliau menjawab, "Dan tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali seorang laki-laki yang keluar dengan jiwa dan hartanya, lalu dia tidak kembali dengan sesuatu dari itu."

Pada tahun ini, insyaallah, tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada hari Rabu 17 Oktober 2012. Yang berarti wukuf di 'Arafah akan dilaksanakan pada hari Kamis 25 Oktober dan hari itu juga bagi kita yang tidak pergi haji disunahkan untuk berpuasa Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah) lalu shalat Idul Adha pada hari Jum'at 26 Oktober. Setelah itu menyembelih hewan kurban.

Korban / Qurban
Qurban adalah salah satu bentuk ibadah dan pendekatan diri kepada Allah baik berupa penyembelihan hewan kurban atau selainnya. Udhiyah adalah istilah khusus untuk korban, yaitu sesuatu yang disembelih dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah pada hari raya Idul Adha dan 3 hari setelahnya (11,12,13 Dzulhijjah) dengan syarat-syarat tertentu.

Dasar hukum penyembelihan hewan korban

Hukum menyembelih hewan korban adalah sunah muakkad, tetapi ada juga yang berpendapat wajib bagi yang mampu.

"Sesungguhnya Kami telah memberi engkau kebajikan yang banyak, maka shalatlah dan berqurbanlah (sembelihlah hewan kurban)." (al Kautsar: 1-2)

Dari Abu Hurairah :"Telah bersabda Rasulullah saw:'Barangsiapa yang mempunyai kemampuan tetapi ia tidak berkorban, maka janglah ia menghampiri tempat shalat kami.'" (riwayat Ahmad dan Ibnu Majah)

Dalam riwayat Tirmidzi, Rasulullah bersabda:"Saya disuruh menyembelih korban, dan qurban itu sunat bagi kamu."

Ibnu Juraij bertanya kepada Atho',"Apakah menyembelih qurban itu wajib bagi manusia?" Ia menjawab, "Tidak, namun Rasulullah shallallahu 'alaihi wa alihi sallam pernah berqurban." (riwayat Abdur Razaq)

Hikmah berkorban
Dengan berqurban, Allah akan melindungi kita dan keluarga kita. Allah akan menyingkirkan masalah dengan korban itu. Jika kalian tidak berkurban di hari Idul adha -sedang kalian mampu- kesulitan akan datang dan menyebabkan kalian menghabiskan uang lebih banyak daripada jumlah uang yang seharusnya kalian gunakan untuk berkurban satu hewan kurban.

Jangan pernah berpikir membeli hewan kurban itu akan menhabiskan atau mengurangi uang kalian, atau jika kalian mengeluarkan sedekah, uang kalian akan berkurang. Berikan, keluarkan, karena dengannya banyak kesulitan yang akan Allah hindarkan dari kalian. Jadi berikanlah dengan ikhlas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar