Senin, 19 November 2012

Puasa Hari Asyura 10 Muharam

Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharram. Demikian salah satu hadis dari Rasulullah shallahu 'alaihi wassalam yang disampaikan melalui Abu Hurairah. (riwayat Muslim)

Mu’awiyah bin Abu Sufyan RA meriwayatkan: 'Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Allah SWT tidak mewajibkan kalian untuk berpuasa di hari ‘Asyura, tetapi aku berpuasa, dan barang siapa di antara kalian yang ingin berpuasa, maka berpuasalah dan bagi yang tidak ingin, maka tidak ada keharusan atas mereka.” (riwayat Muslim)

Puasa Asyura memiliki keutamaan luar biasa. Abu Qatada meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Berpuasa pada tanggal 10 Muharam menghilangkan dosa setahun sebelumnya.” (riwayat Muslim)

Tanggal 10 Muharam kita kenal dengan nama hari 'Asyura. Oleh karenanya Muharram disebut bulan Suro dalam bahasa Jawa. Kita dianjurkan untuk berpuasa pada tanggal 9 dan pada hari Asyura 10 Muharam.

Hakan bin al-Arat meriwayatkan, “Aku pergi menemui Ibnu Abbas, aku berkata kepadanya, ceritakan kepadaku tentang puasa pada hari ‘Asyura” Ia berkata, “Ketika kalian melihat bulan baru untuk Muharam, hitunglah (hari) dan (mulailah) berpuasa pada tanggal 9,” Aku berkata kepadanya, “Apakah ini cara Rasulullah SAW berpuasa?” Ia berkata, “Ya” (Sahih Muslim)

Hazrat Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa ketika Rasulullah SAW bersabda, “Jika Aku dapat bertahan hingga tahun depan, aku juga akan berpuasa pada tanggal 9 Muharam.” (Sahih Muslim).
Apa yang dimaksud oleh Rasulullah SAW adalah bahwa beliau juga akan berpuasa pada tanggal 9, sebagaimana tanggal 10 Muharam yang biasa beliau SAW lakukan. Oleh sebab itu kita juga sebaiknya mencoba untuk berpuasa pada tanggal 9 dan 10 Muharam.

Hari Asyura 10 Muharam 2012 jatuh pada hari Sabtu, 24 November 2012. Untuk tahun 1434 H ini, berpuasalah pada tanggal 9 dan 10 Muharram (Jum'at dan Sabtu, 23 dan 24 November 2012) dan bacalah Surat al-Ikhlash 1000x per hari, semoga sepanjang tahun ini, menjadi tahun yang bahagia bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar